Selain Lihat Tanggal Kedaluwarsa, Ini Cara Ketahui Kualitas Makanan

Kuliner

Selain Lihat Tanggal Kedaluwarsa, Ini Cara Ketahui Kualitas Makanan

Masalah ketersediaan pangan menjadi salah satu isu penting di masa pandemi COVID-19. Bagi produsen produk pangan, pandemi COVID-19 berdampak pada merosotnya penjualan. Sementara konsumen harus lebih memperhatikan kualitas makanan.

Dilansir dari theguardian.com (24/4/2020), pertanyaan seperti apakah makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa banyak ditanyakan masyarakat selama pandemi COVID-19. Hal ini sebagaimana pengalaman seorang juru masak dan penulis Jack Monroe di akun media sosialnya.

Lalu, apakah makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa memang bisa dikonsumsi? Seorang profesor emeritus kebijakan sains di University of Sussex. Erik Millstone mengatakan bahwa untuk mengetahui keamanan produk pangan dari kandungan mikorbiologis dapat dilihat pada tanggal.

[Baca Juga: Tips Aman Belanja Bahan Makanan saat Pandemi COVID-19]

Namun, setiap produk memiliki tanggal penggunaan yang berbeda sehingga keamanan untuk dikonsumsi pun perlu disesuaikan. Berikut tips mengkonsumsi beberapa produk pangan dari Millstone.

Telur Mentah

1) Telur

Telur menjadi salah satu produk yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Namun, untuk memakan telur yang berkualitas sebaiknya dikonsumsi sesuai tanggal best-before-end (BBE).

Untuk menguji kualitas layak atau tidaknya telur dapat dikonsumsi, Anda bisa memasukkan telur ke dalam segelas air. Bila telur tidak mengapung ke permukaan, maka telur tersebut masih dalam kondisi yang baik.

Roti

2) Roti

Meski ada tanggal BBE, Anda juga harus memperhatikan kondisi roti sebelum dikonsumsi. Jika roti sudah berjamur sebelum tanggal kedaluwarsa, maka anda tidak boleh mengkonsumsinya. Memotong roti bagian yang berjamur pun tidak disarankan, karena ada kemungkinan jamur sudah terkontaminasi ke bagian lainnya. Jamur pada roti memang bukan bakteri yang paling berbahaya, tetapi tetap harus dihindari.

Makanan Bergizi Guna Melawan Lemak Jahat Kacang-kacangan

3) Kacang

Selain jamur pada roti, Millstone juga mengingatkan bahaya jamur pada produk biji-bijian dan kacang. Anda harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa. Sebab, beberapa senyawa yang terbentuk dari jamur sangat beracun dan ini ditemukan pada produk biji-bijian dan kacang-kacangan.

“Beberapa senyawa yang terbentuk dari jamur sangat bisa beracun, terutama aflatoksin, yang bisa bersifat karsinogen. Ini ditemukan pada biji-bijian dan kacang-kacangan yang telah berjamur,” kata Millstone.

[Baca Juga: Kenali Makanan Kedaluwarsa Lewat Label Tanggal pada Kemasan]

Daging Mentah

4) Daging dan Ikan Segar

Produk daging dan ikan menjadi dua jenis bahan pangan yang rentan terkontaminasi bakteri. Apalagi bila baunya sudah tercium tidak sedap. Meski begitu, bukan berarti produk yang sudah bau berarti tidak aman dimakan.

“Jika saya memiliki sepotong ayam yang sudah lewat dari tanggal penggunaannya, saya tidak akan memasaknya dengan memegangnya seperti biasa. Saya mungkin akan memasukkannya ke panci dan memasaknya dalam suhu yang tinggi pada waktu yang lama,” kata Millstone.

Selain Lihat Tanggal Kedaluwarsa, Ini Cara Ketahui Kualitas Makanan Buah Kering

5) Buah dan Kacang Kering

Produk beku, makanan kaleng dan kering sebaiknya digunakan sesuai BBE dari pada mengikuti tanggal kedaluwarsa. Semakin tinggi kadar air pada buah kering, maka semakin harus segera dikonsumsi. Sebagai contoh buah kurma tidak akan sama masa bertahannya dengan kismis.

Hal yang sama juga pada kacang kering. Kita berpikir mungkin makanan ini akan bertahan lama. Namun bila terlalu lama pun rasanya juga akan berbeda.

Nah, di bulan Ramadan yang bersamaan dengan masa pandemi ini, Anda sebaiknya lebih memperhatikan lagi kualitas makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini penting agar Anda tidak terserang penyakit sehingga bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan lancar.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.