PIK_PROPERTI_SELAIN MEMPERCANTIK FASAD MATERIAL INI BIKIN RUMAH TERASA SEJUK_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Selain Mempercantik Fasad, Material Ini Bikin Rumah Terasa Sejuk

Tidak jarang, sengatan sinar matahari membuat rumah terasa panas. Ini tentu membuat rumah jadi tidak nyaman ditempati. Apalagi jika rumah berada di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta. Tentu hawa panasnya akan berlebih karena sinar matahari tidak terhalang oleh pepohonan atau sejenisnya. Pendingin udara atau AC pun akan bekerja lebih ekstra karena panas ini berasal dari dinding yang tersengat sinar matahari.

Untungnya, ada satu solusi untuk mengatasi rumah yang terasa panas akibat sengatan sinar matahari ini. Solusi yang dimaksud adalah dengan memasang secondary skin pada lapisan luar dinding rumah. Dengan begitu, rumah akan lebih sejuk karena dindingnya terlindungi dari sengatan sinar matahari. Di sisi lain, material ini juga memiliki berbagai jenis dan pola, sehingga bisa mempercantik fasad atau perwajahan rumah.

Dalam fungsinya sebagai pelindung rumah dari panas sinar matahari, salah satu jenis pelapis dinding ini biasanya digunakan para arsitek pada rumah yang menghadap barat. Sebab, rumah yang menghadap ke arah tersebut terkena paparan matahari lebih banyak dibandingkan dengan rumah yang menghadap arah lainnya. Tapi, karena rumah di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta biasanya terkena paparan sinar matahari dari berbagai arah mata angin, maka secondary skin pun layak untuk diaplikasikan di rumah pada kawasan tersebut.

Jadi, dengan menggunakan secondary skin ini, paparan sinar matahari tidak langsung mengenai bangunan, melainkan akan tertahan oleh material yang dimaksud. Panas matahari juga tidak akan tembus ke interior karena ada celah antara secondary skin dan dinding rumah. Celah atau ruang kosong inilah yang menjadi area insulasi termal, sehingga panas dari cahaya matahari tidak masuk ke dalam rumah.

Sementara terkait fungsi tambahannya sebagai elemen estetika, secondary skin dapat digunakan untuk membentuk bagian luar bangunan. Misalnya, secondary skin dipasang pada bagian fasad bangunan untuk mempertegas karakter desain rumah. Fungsi secondary skin untuk estetika ini pun makin populer seiring dengan banyaknya jenis dan bentuk material tersebut di pasaran.

Jenis-jenis Secondary Skin

Jika dilihat dari jenisnya, secondary skin memang dibedakan menjadi beberapa macam. Macam-macam pelapis dinding ini pun tergantung pada material pembuatnya. Di sisi lain, material ini pula yang nantinya menentukan bentuk secondary skin yang dipasang pada bangunan rumah. Maka itu, sebelum mengaplikasikannya pada hunian, ada baiknya pemilik atau penghuni rumah mengetahui dan memahami jenis-jenis material secondary skin terlebih dahulu.

Beberapa macam atau jenis material secondary skin ini adalah bata roster, kayu solid, kayu imitasi, besi hollow, perforated metal, kaca, bambu, hingga tanaman merambat. Material-material tersebut dianggap memiliki kemampuan menangkal sengatan dan panas sinar matahari, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan secondary skin.

Khusus untuk jenis tanaman rambat, penghuni atau pemilik rumah bisa menggunakan tanaman Lee Kwan Yew. Sebab, tanaman ini dikenal ramah terhadap dinding sehingga tidak akan merusak permukaannya. Cara penerapan tanaman Lee Kwan Yew sebagai secondary skin bisa dengan membuat kebun vertikal.

Beragamnya material ini membuat secondary skin dapat dieksplorasi ke berbagai bentuk, pola, serta efek pencahayaan untuk membuat fasad rumah tampil lebih memukai. Alhasil, rumah pun bisa terasa sejuk dan tampil lebih indah, meski berada di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta sekalipun.

Read More

Artikel Lainnya

Kantor Perwakilan Pemkab Kepulauan Seribu Ditutup Sementara Waktu

Berita Kawasan

Kantor Perwakilan Pemkab Kepulauan Seribu Ditutup Sementara Waktu

18 January 2021, 13:18

Ketua PMI Kepulauan Seribu Natsir Sabara menuturkan, pihaknya membatu melakukan disinfeksi di Gedung Mitra Praja sejak kemarin hingga hari ini.

Transaksi Penjualan Ikan 2020 di TPI Muara Angke Capai Rp1,3 Triliun

Bisnis

Transaksi Penjualan Ikan 2020 di TPI Muara Angke Capai Rp1,3 Triliun

18 January 2021, 12:19

Hasil tangkapan ikan tahun 2020 lalu, ada 36.716.456 kilogram ikan dengan total harga sekitar Rp1.323.925.092.825, demikian data dari KPKP DKI Jakarta.

Pecahkan Rekor, Lukisan Tintin Blue Lotus Terjual Rp54,64 Miliar

Hobi dan Hiburan

Pecahkan Rekor, Lukisan Tintin Blue Lotus Terjual Rp54,64 Miliar

17 January 2021, 17:03

Lukisan berukuran 34 X 34 cm dengan menggunakan gouache, tinta, dan cat air itu menggambarkan tokoh komik legendaris Tintin dan anjingnya Snowy bersembunyi di dalam guci porselen.

Ruangguru Luncurkan Kelas Online Bahasa Inggris Berkurikulum Internasional

Pendidikan

Ruangguru Luncurkan Kelas Online Bahasa Inggris Berkurikulum Internasional

17 January 2021, 14:02

Keterampilan berbahasa Inggris tidak lagi menjadi nilai tambah, tetapi sudah menjadi keharusan, karena dunia sudah lintas batas.


Comments


Please Login to leave a comment.