PIK_PROPERTI_SELAIN MEMPERCANTIK FASAD MATERIAL INI BIKIN RUMAH TERASA SEJUK_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Selain Mempercantik Fasad, Material Ini Bikin Rumah Terasa Sejuk

Tidak jarang, sengatan sinar matahari membuat rumah terasa panas. Ini tentu membuat rumah jadi tidak nyaman ditempati. Apalagi jika rumah berada di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta. Tentu hawa panasnya akan berlebih karena sinar matahari tidak terhalang oleh pepohonan atau sejenisnya. Pendingin udara atau AC pun akan bekerja lebih ekstra karena panas ini berasal dari dinding yang tersengat sinar matahari.

Untungnya, ada satu solusi untuk mengatasi rumah yang terasa panas akibat sengatan sinar matahari ini. Solusi yang dimaksud adalah dengan memasang secondary skin pada lapisan luar dinding rumah. Dengan begitu, rumah akan lebih sejuk karena dindingnya terlindungi dari sengatan sinar matahari. Di sisi lain, material ini juga memiliki berbagai jenis dan pola, sehingga bisa mempercantik fasad atau perwajahan rumah.

Dalam fungsinya sebagai pelindung rumah dari panas sinar matahari, salah satu jenis pelapis dinding ini biasanya digunakan para arsitek pada rumah yang menghadap barat. Sebab, rumah yang menghadap ke arah tersebut terkena paparan matahari lebih banyak dibandingkan dengan rumah yang menghadap arah lainnya. Tapi, karena rumah di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta biasanya terkena paparan sinar matahari dari berbagai arah mata angin, maka secondary skin pun layak untuk diaplikasikan di rumah pada kawasan tersebut.

Jadi, dengan menggunakan secondary skin ini, paparan sinar matahari tidak langsung mengenai bangunan, melainkan akan tertahan oleh material yang dimaksud. Panas matahari juga tidak akan tembus ke interior karena ada celah antara secondary skin dan dinding rumah. Celah atau ruang kosong inilah yang menjadi area insulasi termal, sehingga panas dari cahaya matahari tidak masuk ke dalam rumah.

Sementara terkait fungsi tambahannya sebagai elemen estetika, secondary skin dapat digunakan untuk membentuk bagian luar bangunan. Misalnya, secondary skin dipasang pada bagian fasad bangunan untuk mempertegas karakter desain rumah. Fungsi secondary skin untuk estetika ini pun makin populer seiring dengan banyaknya jenis dan bentuk material tersebut di pasaran.

Jenis-jenis Secondary Skin

Jika dilihat dari jenisnya, secondary skin memang dibedakan menjadi beberapa macam. Macam-macam pelapis dinding ini pun tergantung pada material pembuatnya. Di sisi lain, material ini pula yang nantinya menentukan bentuk secondary skin yang dipasang pada bangunan rumah. Maka itu, sebelum mengaplikasikannya pada hunian, ada baiknya pemilik atau penghuni rumah mengetahui dan memahami jenis-jenis material secondary skin terlebih dahulu.

Beberapa macam atau jenis material secondary skin ini adalah bata roster, kayu solid, kayu imitasi, besi hollow, perforated metal, kaca, bambu, hingga tanaman merambat. Material-material tersebut dianggap memiliki kemampuan menangkal sengatan dan panas sinar matahari, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan secondary skin.

Khusus untuk jenis tanaman rambat, penghuni atau pemilik rumah bisa menggunakan tanaman Lee Kwan Yew. Sebab, tanaman ini dikenal ramah terhadap dinding sehingga tidak akan merusak permukaannya. Cara penerapan tanaman Lee Kwan Yew sebagai secondary skin bisa dengan membuat kebun vertikal.

Beragamnya material ini membuat secondary skin dapat dieksplorasi ke berbagai bentuk, pola, serta efek pencahayaan untuk membuat fasad rumah tampil lebih memukai. Alhasil, rumah pun bisa terasa sejuk dan tampil lebih indah, meski berada di kawasan pesisir seperti pantai Jakarta sekalipun.

Read More

Artikel Lainnya

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

Berita Kawasan

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

10 April 2020, 08:00

Pemkot Surabaya memahami bahwa wabah COVID-19 kian menambah beban masyarakat. Sebanyak 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah dibebaskan retribusi PDAM.

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.


Comments


Please Login to leave a comment.