Selain Seru, Game Ini Juga Mampu Tingkatkan Daya Ingat

Kesehatan

Selain Seru, Game Ini Juga Mampu Tingkatkan Daya Ingat

Anggapan bahwa bermain game dapat membuat bodoh nampaknya tidak cocok jika diucapkan di zaman digital sekarang. Terbukti saat ini banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan bermain game. Beberapa gamer dalam negeri saat ini juga malah mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

[Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi Audio Visual untuk Mendongeng]

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebuah game dirancang untuk mengasah otak. Bahkan ada beberapa game yang memang sengaja dibuat untuk meningkatkan dan memaksimalkan fungsi kerja otak Anda. Selain mampu mempertajam memori otak, bermain game juga mampu membuat suasana hati Anda lebih baik.

Kira-kira apa saja game yang mampu membuat kita makin cerdas?

Selain Seru, Game Ini Juga Mampu Tingkatkan Daya Ingat Jigsaw Puzzle

1) Jigsaw Puzzle

Jigsaw Puzzle yang sering dimainkan anak-anak ini ternyata mampu mempertajam memori jangka pendek pada orang yang memainkannya. Cara bermainnya sangat mudah, kalian hanya dituntut merangkai potongan gambar kecil untuk di satukan menjadi gambar yang utuh.

Manfaat lain bermain Jigsaw Puzzle juga mampu melatih kemampuan spasial yang menuntut aktivitas fisik dan mental. Sebab, kalian diharuskan untuk mencocokkan satu warna dengan warna yang lainnya hingga membentuk sebuah gambar. Saat itulah, kemampuan otak akan berkembang dan mampu membuat gambaran di dalam pikiran.

Selain Seru, Game Ini Juga Mampu Tingkatkan Daya Ingat Memorando

2) Memorando

Memorando adalah salah satu game di ponsel pintar yang mengharuskan kamu mengingat, berkonsentrasi dan juga bereaksi. Dalam game tersebut, ada total 15 permainan dengan 450 level. Di dalamnya juga berisi berbagai fitur seperti personalisasi latihan harian agar sesuai dengan kebutuhan, ujian rutin, sampai statistik hasil latihan.

Kalian juga bisa memilih skil apa yang ingin kalian tingkatkan ketika bermain Memorando. Seperti misalnya jika kalian ingin mengasah daya ingat, maka Memorado akan mengukur kemampuan Anda dengan tes sederhana.

Selain Seru, Game Ini Juga Mampu Tingkatkan Daya Ingat Copycat Simon Says

3) Copycat Simon Says

Masih dengan game yang bisa kalian mainkan lewat ponsel pintar, Copycat Simon Says menuntut Anda untuk menghafalkan urutan lampu yang berkedip-kedip seperti lampu. Setelah itu kalian harus bisa mengulangi urutan kedipan lampu tersebut dengan benar. Semakin tinggi level yang kalian peroleh, maka urutan lampu yang harus diingat semakin panjang.

Selain Seru, Game Ini Juga Mampu Tingkatkan Daya Ingat Audio Memory Master

4) Audio Memory Master

Dibanding tiga game sebelumnya, Audio Master ini dapat melatih ingatan Anda lewat suara. Ada beberapa pilihan permainan yang dapat Anda mainkan, seperti menebak not balok yang benar sesuai nada yang dibunyikan, menebak nada yang hilang dari sebuah musik pendek serta menguji seberapa fokus Anda dalam memperhatikan musik yang dimainkan. Kemudian ada pula permainan mengingat musik dan kemudian memainkan kembali sesuai dengan yang dimainkan oleh komputer dan juga menebak musik mana saja yang terdapat pada playlist yang sudah hilang.

[Baca Juga: Dampak Game Terhadap Anak Baik Atau Buruk?]

Itu dia beberapa game yang bisa melatih kemampuan otak kalian agar bisa semakin berkembang. Kalian juga bisa mendapatkan aplikasinya lewat ponsel pintar Anda. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.

Ekonomi Lesu, Pengusaha Bandung Tetap Tembus Eksport ke Australia

Bisnis

Ekonomi Lesu, Pengusaha Bandung Tetap Tembus Ekspor ke Australia

29 September 2020, 10:17

Untuk mendongkrak semangat, Pemkot Bandung memberikan ruang bagi para pelaku usaha agar mampu mengekspor produknya.


Comments


Please Login to leave a comment.