Selain Sunah, Inilah Alasan Lain Kenapa Makan Kurma Saat Buka Puasa

Kesehatan

Selain Sunah, Inilah Alasan Lain Kenapa Makan Kurma Saat Buka Puasa

Makan kurma saat buka puasa, merupakan suatu anjuran dari Allah yang disunahkan Rasulullah. Namun, selain sebagai bagian dari sunah. Makan kurma setelah berpuasa selama 12 jam dengan perut yang masih kosong terbukti cukup efektif untuk memulihkan energi. Hal ini dapat terjadi karena kurma mengandung banyak gula, serat, mineral, fitonutrien, dan vitamin C. Kurma juga mengandung nutrisi seperti kalium, magnesium, zat besi, dan sedikit protein dan lemak.

Kurma yang mudah dicerna menjadikannya sebagai sumber energi dan nutrisi yang cepat. Selain itu, makan kurma setelah seharian berpuasa dapat membantu kadar glukosa darah dalam tubuh cepat kembali normal. Mengonsumsi kurma sebelum makan, juga akan membuat perut cepat kenyang sehingga membantu terhindar dari makan berlebihan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

[Baca Juga: Kurma dan Makanan Sehat Lain yang Cocok untuk Buka Puasa]

Mengutip thejakartapost.com (07/05/2020). Menurut Ahli Gizi Rita Ramayulis dari Asosiasi Ahli Gizi Indonesia, kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa serta serat, kalium dan vitamin A. Dengan nilai gizi yang begitu banyak ini, buah kering memang makanan yang enak dikonsumsi saat buka puasa

"Kurma basah atau kering sama baiknya. Sepotong kurma mengandung glukosa, fruktosa, sukrosa, serat, kalium dan vitamin A. Kombinasi sukrosa, glukosa dan fruktosa dapat meningkatkan kadar gula darah, dan menstabilkannya pada saat bersamaan," ucapnya.

Selain Sunah, Inilah Alasan Lain Kenapa Makan Kurma Saat Buka Puasa

Bonus besar lainnya dari kurma yakni tidak meningkatkan kadar gula darah dan bebas dari kolesterol.

Kurma kaya akan protein yang membantu badan tetap bugar. Juga, zat besi yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan gigi dan bermanfaat bagi orang yang menderita kekurangan zat besi.

[Baca Juga: Manfaat Kurma untuk Orang yang Berpuasa]

Kurma tidak hanya baik untuk dikonsumsi saat buka puasa, mengonsumsi kurma juga dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil. Kandungan gula kurma sekitar 80 persen menjadikannya makanan berenergi tinggi yang ideal untuk ibu menyusui.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa makan kurma sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan ibu menyusui. Kurma mengandung stimulan tertentu yang membantu memperkuat otot-otot rahim yang dapat menyebabkan persalinan lebih mudah. Kandungan antioksidan alami seperti anthocyanin, asam ferulik, asam protocatechuic, dan asam caffeikk juga sangat baik untuk penderita demensia dan Alzheimer.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke dupa88 bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>