KEMAYORAN-KESEHATAN-SELAIN VAKSIN HPV INI 5 VAKSIN UNTUK ORANG DEWASA-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Kesehatan

Selain Vaksin HPV, Ini 5 Vaksin Untuk Orang Dewasa

Kesehatan merupakan hal yang ingin selalu dimiliki setiap orang. Bahkan untuk terhindar dari penyakit beberapa orang mengonsumsi vitamin bahkan vaksin, sebuah tindakan preventif untuk mencegah penyakit tertentu. Melansir dari alodokter.com (10/1/2019), pada dasarnya vaksin merupakan produk yang diberikan dengan suntikan, oral, ataupun semprotan, guna meningkatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Di Indonesia, vaksin biasanya diberikan untuk bayi dalam rentang umur tertentu. Tapi, apakah Anda tahu, jika ketika dewasa ada beberapa vaksin juga yang harus Anda lakukan. Mengutip dari huffingtonpost.com (10/1/2019), berikut vaksin dewasa yang bisa Anda dapatkan.

1. Vaksin HPV (Human Papillomavirus)

Vaksin HPV terbukti berhasil mengurangi risiko penyakit kanker mulut rahim atau serviks yang disebabkan human papillomavirus. Virus ini menyebabkan kanker serviks yang mematikan. Sebelumnya, vaksin ini direkomendasikan untuk pria sebagai tindak pencegahan kutil kelamin dan wanita dengan usia di atas 26 tahun. Namun, FDA (Food and Drug Administration) memperluas rentan umur menjadi di atas 45 tahun.

Sehingga bisa disimpulkan, vaksin HPV wajib dilakukan untuk Anda yang berusia 26-45 tahun ke atas untuk wanita, sedangkan untuk pria direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin pada usia 9-26 tahun berdasarkan lansiran dari cdc.gov dan webmd.com.

[Baca Juga: Ketahuilah Gejala dan Pengobatan untuk Kanker]

Asisten Profesor David Geffen School of Medicine yang ada di Univesitas California, Los Angeles mengatakan, “Kanker serviks adalah salah satu penyebab utama kanker pada wanita, berkat vaksin HPV, angka kematian wanita akibat kanker mulut rahim turun drastis.”

2. Vaksin TDAP (Tetanus, Difteria, dan Aselular Pertussis)

Seperti namanya, vaksin ini digunakan untuk menghindari penyakit tetanus, difteria, dan aselular pertussis. Berdasarkan Disease Control and Prevention Amerika Serikat, seluruh orang dewasa harus mendapatkan vaksin ini secara rutin setiap 10 tahun. Vaksin TDAP juga penting untuk wanita hamil, termasuk yang sudah berada di usia kehamilan 27-36 minggu, untuk melindungi kesehatan janin.

Vaksin PCV untuk Orang Dewasa

3. Vaksin PCV (pneumokokus)

Vaksin yang satu ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri streptococcus pneumonia yang menyebabkan meningitis, pneumonia, dan septikemia. Penyakit ini telah banyak memakan ratusan korban setiap tahunnya. Biasanya, orang yang terjangkit penyakit ini berumur 65 tahun ke atas. “Untuk dewasa, ada dua jenis vaksin yang berbeda, yaitu PPSV23 dan PCV13,” kata Dokter Keluarga Lisa Dogget yang berdomisili di Texas.

[Baca Juga: Antisipasi Meningitis dengan Vaksin di RS Haji Pondok Gede]

4. Vaksin Influenza

Walaupun penyakit yang satu ini terlihat ringan, namun Influenza dapat membunuh sekitar 800.000 orang dan mampu membawa 900.000 orang berbaring di rumah sakit. Untuk menghindari ini, Anda bisa melakukan salah satu tindakan preventif yaitu vaksin. Anda bisa mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan vaksin sekitar bulan September ketika musim pancaroba.

5. Vaksin Untuk Perjalanan Keluar Negeri

Jika Anda mengunjungi negara tertentu, ada peraturan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan vaksin untuk mencegah terkena penyakit khas negara tersebut. Contohnya saja ketika Anda memutuskan untuk pergi umroh atau haji, Anda akan diwajibkan untuk mengambil vaksin meningitis dan flu yang dilengkapi surat sebagai tanda bukti Anda sudah melakukan vaksin.

Itulah lima vaksin yang harus didapat orang dewasa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  13 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.