Selama bulan Ramadan! Layanan Vaksinasi Lansia di Jakarta Utara 24 Ja m.jpg

Kesehatan

Selama bulan Ramadan, Layanan Vaksinasi Lansia di Jakarta Utara 24 Jam!

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus berupaya mengejar target vaksinasi COVID-19 untuk warganya yang masuk kategori lanjut usia atau lansia. Tak hanya dari pihak Pemprov semata, upaya ini juga terlihat di tingkat pemerintah kota atau pemkot, seperti yang baru-baru ini disampaikan Pemkot Jakarta Utara. Karena Pemkot Jakarta Utara memutuskan untuk membuka layanan vaksinasi COVID-19 sepanjang bulan Ramadan ini selama 24 jam sehingga para warga lansianya bisa kapan saja datang untuk mendapatkan penyuntikan vaksin.

Layanan vaksinasi COVID-19 24 jam ini diterapkan di puskesmas tingkat kecamatan di wilayah Jakarta Utara bahkan dengan ini maka masyarakat yang sebelumnya enggan divaksin karena menjalani puasa Ramadan dapat datang usai berbuka puasa bahkan pas menjalani salat Tarawih. “Mulai Ramadan vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia dibuka sampai malam hari. Layanan ini ada di puskesmas tingkat kecamatan se-Jakarta Utara,” ungkap Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (14/4/2021).

Selama bulan Ramadan! Layanan Vaksinasi Lansia di Jakarta Utara 24 Jam.jpg

Kabar mengenai layanan vaksinasi COVID-19 24 untuk warga lansia ini dibenarkan Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr. Sri Puji Wahyuni. Menurutnya, dengan layanan ini di puskesmasnya maka masyarakat yang belum divaksin dapat datang di malam hari. Ia memprediksi melalui program ini maka Puskesmas Kecamatan Koja dapat menyuntikkan vaksin hingga 100 warga lansia pada malam hari.

Layanan ini juga dapat membantu meringankan keraguan warga lansia yang sebelumnnya enggan disuntik pada siang harinya karena tengah menjalani ibadah puasa Ramadan. Pasalnya, memang terdapat kekhawatiran di antara para lansia bahwa dengan vaksinasi COVID-19 saat puasa dapat memicu terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI yang dapat sehingga menganggu ibadah mereka.

[Baca Juga: Terus Kejar Taget Vaksinasi COVID-19 Lansia, Pemprov DKI Jakarta Lakukan Ini]

Kepala Puskesmas Kecamatan Koja itu melanjutkan, mengenai layanan vaksinasi COVID-19 24 jam ini telah disosialisasikan kepada para kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasawisma, dan Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU). “Kader sudah kami beritahu. Seperti biasanya, ada beberapa lansia yang diantar-jemput oleh kader,” sambung dr. Sri.

Terkait layanan antar-jemput, berbagai wilayah di Jakarta Utara memang memberikan layanan ini untuk membantu warga lansia menuju lokasi vaksinasi COVID-19. Salah satunya ada di Kelurahan Semper Timur yang mengerahkan petugas PPSU dengan sepeda motor untuk menjemput serta mengantar lansia di wilayahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.