Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Berita Kawasan

Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan memulai shalat Tarawihnya mulai 23 April 2020 dan menetapkan 1 Ramadan 1441 H jatuh pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020. Berdasarkan pengumuman yang disampaikannya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang memberikan sejumlah imbauan kepada umat muslim terkait ibadah Ramadan di tengah pandemi COVID-19.

Melansir laman malang-post.com (22/04/2020). Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Muhtar Hazawawi, mengimbau agar umat Islam tetap menjalankan protokol kesehatan jelang puasa hingga selama bulan Ramadan. Di antaranya tak berziarah ke makam di masa pandemi COVID-19. Menurutnya, ziarah makan dapat diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing. Dengan berkumpulnya orang maka akan terjadi potensi transmisi penularan, yaitu bisa membahayakan diri sendiri dan juga membahayakan orang lain.

Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Muhtar meminta masyarakat tidak bersilaturahmi secara langsung ke rumah keluarga atau pun kerabat di tengah pandemi. Menurutnya, silaturahmi bisa memanfaatkan teknologi yang ada.
"Silaturahmi dan saling meminta maaf bisa dilakukan melalui media sosial atau media daring, mengingat masih ada kebijakan untuk physical distancing," katanya.

Selain itu, Kemenag juga meminta masyarakat tidak melaksanakan ibadah di masjid selama Ramadan 1441 Hijriah. Muhtar mengajak masyarakat memaksimalkan ibadah Ramadan di dalam rumah dan tidak menggelar buka puasa bersama hingga Tarawih berjamaah di masjid.

[Baca Juga: Penentuan Sidang Isbat Awal Ramadan Akan Digelar Secara Online]

"Kami meminta umat muslim memaksimalkan ibadah di rumah pada bulan Ramadan. Insyaallah kita anjurkan agar tidak ada buka puasa bersama yang biasa kita sering gelar di luar," ucapnya.

Dia menegaskan, beribadah di rumah tidak akan akan mengurangi kualitasnya. Terpenting dalam melaksanakan ibadah harus ada keikhlasan dan kekhusyukan. “Kita tidak melaksanakan Tarawih bersama, kita melaksanakan di rumah saja,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang Abdul Haris juga menyampaikan hal yang sama. Pihaknya tetap menghindari kerumunan termasuk dalam kebijakan untuk mengurangi penyebaran COVID-19, yakni tidak melakukan ibadah di masjid selama Ramadan.

[Baca Juga: Selama COVID-19, Ini Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri]

“Kami menghimbau kepada umat muslim menjaga social distancing dan phisical distancing di masa Ramadan termasuk dalam ibadah di masjid,” kata Haris.

Sedangkan dari Nahdlatul Ulama (NU) Kota Malang menyatakan, akan tetap menggelar Salat Tarawih di Masjid Agung Jami Malang. Salah satu pengurus NU Kota Malang mengatakan akan menyelenggarakan salat Tarawih di Masjid Agung Jami dengan menerapkan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan shaf berjarak satu meter, dan melewati bilik disenfektan sebelum masuk masjid.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.