Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Berita Kawasan

Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan memulai shalat Tarawihnya mulai 23 April 2020 dan menetapkan 1 Ramadan 1441 H jatuh pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020. Berdasarkan pengumuman yang disampaikannya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang memberikan sejumlah imbauan kepada umat muslim terkait ibadah Ramadan di tengah pandemi COVID-19.

Melansir laman malang-post.com (22/04/2020). Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Muhtar Hazawawi, mengimbau agar umat Islam tetap menjalankan protokol kesehatan jelang puasa hingga selama bulan Ramadan. Di antaranya tak berziarah ke makam di masa pandemi COVID-19. Menurutnya, ziarah makan dapat diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing. Dengan berkumpulnya orang maka akan terjadi potensi transmisi penularan, yaitu bisa membahayakan diri sendiri dan juga membahayakan orang lain.

Selama Ibadah Ramadan, Warga Malang Tetap Jalani Protokol Kesehatan

Muhtar meminta masyarakat tidak bersilaturahmi secara langsung ke rumah keluarga atau pun kerabat di tengah pandemi. Menurutnya, silaturahmi bisa memanfaatkan teknologi yang ada.
"Silaturahmi dan saling meminta maaf bisa dilakukan melalui media sosial atau media daring, mengingat masih ada kebijakan untuk physical distancing," katanya.

Selain itu, Kemenag juga meminta masyarakat tidak melaksanakan ibadah di masjid selama Ramadan 1441 Hijriah. Muhtar mengajak masyarakat memaksimalkan ibadah Ramadan di dalam rumah dan tidak menggelar buka puasa bersama hingga Tarawih berjamaah di masjid.

[Baca Juga: Penentuan Sidang Isbat Awal Ramadan Akan Digelar Secara Online]

"Kami meminta umat muslim memaksimalkan ibadah di rumah pada bulan Ramadan. Insyaallah kita anjurkan agar tidak ada buka puasa bersama yang biasa kita sering gelar di luar," ucapnya.

Dia menegaskan, beribadah di rumah tidak akan akan mengurangi kualitasnya. Terpenting dalam melaksanakan ibadah harus ada keikhlasan dan kekhusyukan. “Kita tidak melaksanakan Tarawih bersama, kita melaksanakan di rumah saja,” imbaunya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang Abdul Haris juga menyampaikan hal yang sama. Pihaknya tetap menghindari kerumunan termasuk dalam kebijakan untuk mengurangi penyebaran COVID-19, yakni tidak melakukan ibadah di masjid selama Ramadan.

[Baca Juga: Selama COVID-19, Ini Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri]

“Kami menghimbau kepada umat muslim menjaga social distancing dan phisical distancing di masa Ramadan termasuk dalam ibadah di masjid,” kata Haris.

Sedangkan dari Nahdlatul Ulama (NU) Kota Malang menyatakan, akan tetap menggelar Salat Tarawih di Masjid Agung Jami Malang. Salah satu pengurus NU Kota Malang mengatakan akan menyelenggarakan salat Tarawih di Masjid Agung Jami dengan menerapkan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan shaf berjarak satu meter, dan melewati bilik disenfektan sebelum masuk masjid.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.