Selama Libur Lebaran, Kota Lama Semarang Jadi Destinasi Terpopuler di Jawa Tengah.jpg

Berita Kawasan

Selama Libur Lebaran, Kota Lama Semarang Jadi Destinasi Terpopuler di Jawa Tengah

Pada musim mudik hingga libur lebaran, tak sedikit masyarakat yang memanfaatkannya untuk kembali ke kampung halaman masing-masing sekaligus berlibur ke destinasi wisata di sana atau yang searah dengan rute perjalanannya. Untuk Jawa Tengah sendiri berdasarkan riset dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan menjadi salah satu lokasi tujuan pemudik terbanyak di Tanah Air dengan sekitar 23,5 juta orang sehingga tak heran bila lokasi wisata di provinsi ini “diserbu” oleh banyak pengunjung. Menariknya untuk libur panjang kali ini, destinasi wisata favorit di Jawa Tengah Candi Borobudur disebut berhasil digeser oleh Kota Lama Semarang.

Keberhasilan Kota Lama Semarang sebagai destinasi wisata favorit di Jawa Tengah ini terungkap berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata atau Disporapar Jawa Tengah yang merekap jumlah kunjungan destinasi wisata di wilayahnya selama libur lebaran. Berdasarkan data tersebut, Kota Lama Semarang berhasil menduduki urutan pertama sebagai lokasi wisata dengan pengunjung tertinggi selama periode liburan kemarin.

Selama Libur Lebaran, Kota Lama Semarang Jadi Destinasi Terpopuler di Jawa Tenga h.jpg

Berdasarkan paparan dari Sub Koordinator Pengembangan Pasar Disporapar Jawa Tengah Tanti Apriani, terdapat tiga daerah yang populer diserbu wisatawan yang datang ke Jawa Tengah dan itu terdiri dari Kota Semarang, Magelang dan Banyumas. Dengan total wisatawan ke Kota Semarang mencapai angka 399.631, Magelang ada 304.602, dan Banyumas ada 281.439 orang.

Tentu saja wisatawan yang datang ke tiga wilayah ini sudah memiliki target lokasi yang wajib dikunjungi. Di peringkat pertama destinasi wisata terfavorit selama libur lebaran kemarin, Kota Lama Semarang berhasil merebut gelar ini dengan total kunjungan mencapai 162.719 wisatawan dan ini berdasarkan data yang dihimpun 23 April-10 Mei 2022. Sedangkan peringkat kedua diduduki Candi Borobudur di Magelang dengan total kunjungan 153.057 wisatawan dan ketiga adalah Pantai Menganti di Banyumas dengan total pengunjungnya ada 115.775 orang.

[Baca Juga: Festival Kota Lama Semarang 2021, Upaya Bangkitkan Pariwisata]

Data ini pun disambut positif oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang memang sejak ia menjabat berupaya mendorong sektor pariwisata di wilayahnya dapat membantu kebangkitan ekonomi akibat pandemi. “Ada sebuah optimisme bahwa tahun 2022 ini ada sebuah momentum kebangkitan. Dan kami di Kota Semarang ini sudah fokus di pariwisata,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Semarangkota.go.id (11/5/2022).

Kota Lama Semarang memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang atau melewati Kota Lumpia itu. Di mana kawasan wisata ini memiliki deretan gedung-gedung bersejarah yang sudah berusia hingga ratusan tahun seperti Gereja Blenduk, Rumah Akar di samping Gedung Jiwasraya, Semarang Art Galeri, De Spiegel, dan masih banyak lagi yang memang dipandang sebagai spot wajib berfoto jika berwisata ke Kota Semarang.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.