Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi 1.jpg

Pendidikan

Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi

Dalam rangka meningkatkan budaya literasi di masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta mengangkat tema Sebulan Sastra Literasi (Serasi) untuk sejumlah kegiatan sepanjang Maret 2019.

Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Dispusip DKI Jakarta Bambang Chaidir mengatakan, Dispusip ingin sastra dan literasi lebih dikenal masyarakat, khususnya generasi milenial dengan cara yang menyenangkan.

[Baca Juga: Manfaat Literasi untuk Anak Sejak Dini]

“Komunitas-komunitas akan diajak berkreasi melalui kegiatan pemberdayaan komunitas pemusataka dan diskusi,” katanya seperti dikutip dari Berita Jakarta (7/3/2019).

Bambang juga menjelaskan, tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Puisi Sedunia. Tidak seperti Indonesia yang meresmikan seremoni Hari Puisi Nasional yang jatuh pada 28 April, sejarah Hari Puisi Sedunia lebih panjang lagi.

Sekadar informasi, pada November 1999, Hari Puisi Sedunia disahkan oleh UNESCO. Perayaan Hari Puisi Sedunia bermula dari penyelenggaraan pertemuan UNESCO ke-30 di Paris, Perancis yang berlangsung Oktober-November 1999.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

Dari hal itu, tercetus ide pembentukan Hari Puisi Sedua karena puisi dianggap memiliki perasn penting dalam sejarah. Puisi juga berkaitan erat dengan drama, tari, musik, lukisan, dan bidang seni lainnya. UNESCO juga menginginkan agar semangat menggebu-gebu yang ditorehkan dalam puisi dapat dihidupkan kembali.

Kepala Bidang Dispusip DKI Jakarta Bambang Chaidir

Kolaborasi dengan Komunitas

Rencananya, kegiatan bertemakan sastra dan literasi akan dilaksanakan di Sudinpusip DKI Jakarta di lima wilayah kota dan Perpustakaan Kepulauan Seribu. Bentuk kegiatannya berbeda-beda, ada storytelling, workshop, dan wisata literasi.

Mengawali tema Serasi, menurut Bambang, Dispusip DKI Jakarta akan berkolaborasi dengan komunitas Bengkel Kreasi untuk mengadakan lokakarya Strategi Aksi Peduli Literasi yang akan diikuti oleh para pengelola perpustakaan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di lima wilayah kota adminitrasi.

“Selain itu, sekaligus kita akan mempromosikan karya-karya sastra yang tersimpan di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin,” kata Bambang.

[Baca Juga: Prince Claus Award Celebration, Rayakan Karya Eka Kurniawan]

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Dispusip DKI Jakarta juga telah mengangkat tema Literasi Media untuk Jakarta Cerdas di berbagai kegiatan pada bulan Februari 2019 lalu. Kegiatan itu sebagai bentuk dukungan dalam memperingati Hari Pers Nasional.

Melalui tema Literasi Media, pihaknya ingin lebih memberikan informasi dan keterampilan dalam memanfaatkan media informasi baik berupa website, sosial media, dan lain sebagainya. Kegiatan ini bersifat tebuka dengan menggandeng komunitas-komunitas.

Kegiatan yang dilakukan komunitas itu melaksanakan pelatihan menulis yang difasilitasi oleh pihak perpustakaan. Tidak hanya itu, keterampilan dan kebutuhan informasi untuk para penyandang disabilitas juga diulas pada acaa focus group discussion (FGD) di Perpustakaan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Melalui rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan media untuk meningkatkan wawasannya. Selain itu, masyarakat akan lebih tertarik datang ke perpustakaan.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.