Selama Masa Larangan Mudik, Pemprov DKI Jakarta Puluhan Pemudik Reaktif COVID-19.jpg

Berita Kawasan

Selama Masa Larangan Mudik di 2 Terminal Bus, Puluhan Pemudik Reaktif COVID-19

Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan larangan mudiknya sejak 6-17 Mei 2021 yang ditujukan untuk menekan potensi melonjaknya kasus aktif COVID-19 di Indonesia selama momen Lebaran. Namun masyarakat tetap saja banyak yang nekat untuk menerobos kebijakan tersebut untuk kembali ke kampung halamannya. Apalagi berdasarkan temuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang melakukan pengawasan di Terminal Kalideres dan Pulogebang ternyata memang ada puluhan warga yang disinyalir mudik memiliki hasil reaktif saat jalani tes COVID-19 di sana.

Kabar ini disampaikan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang menyebut petugas gabungannya yang mengarahkan pemudik untuk ikut tes GeNose C19 di kedua terminal menemukan dari 5.051 orang yang dites ada 46 yang reaktif. Tes ini disebut dilakukan selama masa periode larangan mudik.

Selama Masa Larangan Mudik, Pemprov DKI Jakarta Puluhan Pemudik R eaktif COVID-19.jpg

Sebagaimana dilansir dari antaranews.com (18/5/2021), Syafrin melanjutkan, dari puluhan pemudik yang reaktif itu, setidaknya ada tiga orang yang diketahui merupakan pemudik yang baru kembali ke kampung halamannya dengan sisanya yang akan mudik keluar DKI Jakarta. Ketika reaktif, mereka pun langsung diarahkanya untuk menjalani tes PCR. Sedangkan untuk H+1 pasca-masa larangan mudik, menurut Syafrin, ada empat orang yang reaktif COVID-19 saat dites antigen di Terminal Pulogebang pada 18 Mei 2021.

Kemudian untuk Terminal Kalideres, ada sekitar 32 pemudik yang disebut baru turun dari bus dan langsung dibawa petugas gabungan untuk ikut tes antigen gratis yang poskonya didirikan di Mapolsek Kalideres pada Selasa kemarin. Para pemudik ini dibawa oleh anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat atau FKDM Kecamatan Kalideres ke lokasi tes dan hal ini memang sesuai dengan amanat FKDM Jakarta Barat yang memang berkolaborasi dengan unsur tiga pilar di wilayah demi melakukan pengawasan terhadap pemudik.

[Baca Juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Dishub DKI Jakarta Tinjau Terminal Kalideres]

“Mereka yang tinggal di Kalideres diarahkan untuk menjalani rapid tes antigen di Mapolsek Kalideres. Lokasinya persis di samping terminal bus,” ungkap Ketua FKDM Kecamatan Kalideres Hamdani, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (18/5/2021).

Mereka yang diarahkan untuk tes antigen ini adalah para pemudik yang memang tak bisa menunjukkan surat bebas COVID-19 serta surat izin keluar-masuk. Untungnya 32 pemudik yang disebut berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat tersebut ditemukan negatif COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

Kesehatan

Program Bedas Sapujagat Cegah Angka Pernikahan Anak di Bandung

26 October 2021, 16:34

Angka pernikahan anak di Kabupaten Bandung cukup tinggi sehingga membuat Pemkab dan pihak-pihak terkait mengadakan sebuah program untuk menghapus angka pernikahan dini di Kabupaten Bandung.

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.