Selama PKM, Kendaraan yang Masuk ke Kota Semarang Diperiksa

Berita Kawasan

Selama PKM, Kendaraan yang Masuk ke Kota Semarang Diperiksa

Pemkot Semarang memeriksa kendaraan yang masuk ke wilayahnya selama Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) berlangsung. Pada hari pertama PKM, yakni 27 April lalu, penumpang yang datang dari luar Kota Semarang diperiksa identitasnya. Mereka yang masuk dengan niat mudik diminta putar balik, sementara yang melintas dalam rangka kerja diperbolehkan masuk asal suhu tubuhnya normal.

“Sepanjang orang dari Kendal, Tegal punya urusan tidak mudik tapi mereka bekerja, kami perbolehkan masuk Semarang, dengan pembatasan sosial dengan membatasi kapasitas kendaraan 50 persen,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengutip semarang.kompas.com (29/4/2020).

Selama PKM, Kendaraan yang Masuk ke Kota Semarang Diperiksa

“Kita cek suhu tubuh. Kalau ketahuan panas, maka langsung kami karantina oleh Dinkes. Kalau mereka memang mudik pasti kita suruh pulang,” lanjutnya.

Pemeriksaan kendaraan tersebut dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Pada hari ketiga PKM, yaitu Rabu, 29 April 2020, kembali dilakukan pemeriksaan kendaraan yang memasuki Kota Semarang. Bahkan, kali ini terjadi kemacetan hampir sejauh satu kilometer sebab banyak sekali kendaraan yang melintas.

[Baca Juga: Bupati Semarang Meminta Warga Ikut Pantau Para Pendatang]

Kendaraan yang diperiksa didominasi oleh kendaraan roda dua dengan pengendara yang hendak bekerja. Pengendara yang suhunya melebihi batas normal akan diminta putar balik, sementara pengendara yang tidak mengenakan masker masih ditolerir.

“Hari ini kami cek satu per satu kendaraan yang masuk Kota Semarang dari arah timur. Pengendara roda dua maupun roda empat dihentikan oleh petugas gabungan pos pantau Plamongan dekat Transmart. Kami lakukan pemeriksaan sesuai SOP PKM COVID-19,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro Martanto.

[Baca Juga: Aturan Penting PKM, "PSBB" ala Kota Semarang]

“Yang tidak pakai masker tadi ada beberapa. Kami masih beri kelonggaran dengan diberikan masker. Dan kami berikan imbauan protokol kesehatan dalam pelaksanaan PKM,” lanjut Endro.

Endro mengatakan, ada belasan pengendara yang suhu tubuhnya melebihi batas normal. Mereka ditolak masuk ke Kota Semarang. Sementara itu, ditemukan juga sejumlah kendaraan berpelat luar Semarang. Endro dan pihaknya langsung melakukan pengecekan identitas.

“Kalau pelat luar Semarang tadi ada beberapa. Kami lakukan pemeriksaan. Setelah dicek KTP ternyata warga Semarang dan diperbolehkan masuk,” tandas Endro.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 5 months lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>