Selama PSBB, Air Limbah Domestik Ibu Kota Alami Penurunan

Berita Kawasan

Selama PSBB, Air Limbah Domestik Ibu Kota Alami Penurunan

Telah terkonfirmasi, sebanyak 4.539 warga DKI Jakarta positif terpapar virus SARS-CoV-2. Sejumlah 650 diantaranya dinyatakan sebagai penyintas COVID-19, sedangkan 412 orang lainnya telah meninggal dunia. Demikian laporan yang diumumkan situs covid19.go.id, Senin (4/5/2020).

Segala upaya dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, termasuk perpanjangan masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 22 Mei mendatang. Selain adanya penurunan angka penyebaran, sebagaimana diumumkan belum lama ini, ternyata ada dampak lain dari kebijakan ini. Apa itu?

Selama PSBB, Air Limbah Domestik Ibu Kota Alami Penurunan

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD PAL Jaya melaporkan, air limbah yang diolah oleh perusahaan plat merah milik DKI Jakarta ini semakin berkurang, selama pemberlakuan PSBB. Sebab banyak kantor, restoran dan toko yang tutup. Demikian yang diberitakan situs beritajakarta.id, Senin (4/5/2020).

"Yang berbeda itu jumlah petugas. Pada hari biasa setiap hari ada dari tiga shift, satu shif-tnya terdiri dari empat petugas. Selama PSBB ini tetap tiga shift hanya saja petugasnya menjadi dua per shif-tnya," tutur Manager Operasi dan Pemeliharaan PD PAL Jaya Adri Pontianti.

[Baca Juga: Apa Keterkaitan Polusi Udara dengan Covid-19?]

Lebih jauh Adri menuturkan, dalam beraktivitas PD PAL Jaya, mengemban tugas untuk melakukan pemantauan agar tingkat pencemaran air permukaan menurun. Salah satu caranya dengan mengoperasikan pengolahan air limbah hasil IPAL Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR).

"Mekanismenya, air limbah yang sudah masuk melalui pengolahan instalasi limbah PD PAL Jaya dan masuk ke tempat air buanganya sebelum dikeluarkan ke saluran umum kita tambahkan larutan disinfektan, jadi aman," katanya.

[Baca Juga: Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah Jakarta Timur Berkurang Drastis]

Namun, sambung dia, saat masa PSBB, pencemaran yang masuk ke IPAL air limbah dari pelanggan—tetap diolah sebelum dibuang ke air permukaan—trennya sedang menurun. "Artinya, dengan jumlah tim yang dikurangi ini tidak ada masalah juga," tandasnya.

Meski begitu dia memastikan bahwa PD PAL Jaya tetap melakukan pengolahan terhadap air habis pakai atau air limbah domestik dari setiap rumah maupun gedung perkantoran sehingga dapat memenuhi baku mutu warga, kendati kebijakan PSBB tengah diberlakukan. Sedangkan untuk pembersihan MBBR dilakukan secara periodik seminggu sekali atau dua minggu sekali selama PSBB. Sebelumnya di hari biasa bisa mencapai empat hari sekali.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.