ads
SELAYANG PANDANG MENGENAI GARAGE SALE

Garage Sale

Selayang Pandang Mengenai Garage Sale

Terdapat berbagai cara untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah selain bekerja. Anda bisa juga mengambil usaha sampingan seperti berjualan. Namun bagaimana cara menjualnya itulah yang terkadang membuat banyak orang bingung dalam memulai usaha sampingannya. Mungkin yang termudah adalah melalui cara garage sale.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, sebagaimana dilansir dari Wikipedia, garage sale merupakan event jual-beli yang bersifat informal (tidak perlu memiliki izin usaha). Di mana penjual biasanya menawarkan barang bekas atau second hand miliknya kepada para calon pembeli. Garage sale biasanya diadakan di dekat rumah si penjual atau bisa juga menggunakan mobil yang dijajakan di dekat area keramaian.

Umumnya barang-barang yang Anda jual di garage sale adalah barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi. Karena itu rata-rata orang yang mengadakan garage sale biasanya memiliki dua tujuan utama yakni untuk mengurangi barang-barang yang ada di rumah dan untuk menambah pundi-pundi rupiah mereka.

Para penjual di garage sale biasanya menggunakan selebaran, papan penanda garage sale sampai melalui media sosial untuk mengiklankan event yang digelarnya. Namun bila mengambil contoh dari garage sale yang kerap diadakan di negara seperti Amerika, papan penanda adalah hal yang paling lumrah digunakan untuk menarik perhatian orang-orang yang lewat agar berhenti serta melihat barang-barang yang Anda jual.

Barang-barang yang bisa Anda jual dan kerap paling laku di garage sale adalah baju-baju yang masih layak pakai, sepatu, tas, buku-buku, mainan, peralatan olahraga, furnitur serta perkakas. Barang-barang elektronik besar seperti televisi dan kulkas pun bisa dijual walau benda ini bukan termasuk barang yang paling dicari di garage sale.

Selain barang-barang yang disebutkan di atas, benda atau hiasannya yang berusia tua pun terkadang menjadi barang incaran para kolektor yang sengaja datang ke garage sale. Misalnya Anda memiliki CD video games dari era 1990-an yang saat ini sudah tidak ditemukan lagi, maka Anda bisa menjualnya di garage sale dan benda ini dapat Anda patok dengan harga yang tinggi.

Berbicara mengenai harga, hal yang lumrah terjadi di garage sale adalah tawar menawar. Karena walau Anda sudah memberikan harga pada setiap barang yang dijual, pembeli tidak akan segan untuk menawar dengan harga terendah terhadap benda yang mereka inginkan. Karena itulah, ada baiknya walau Anda sudah menentukan harga dari setiap barang yang dijual di garage sale, Anda juga memperkirakan berapa kira-kira harga terendah yang dapat Anda terima jika nantinya ada calon pembeli yang menawar.

Dalam menggelar garage sale, Anda dapat mengelolanya sendiri atau bersama anggota keluarga lainnya. Mengapa? Karena terdapat kekurangannya saat sendiri, ada kemungkinan Anda dapat kewalahan jika calon pembeli yang datang banyak dan mereka kerap melontarkan berbagai pertanyaan serta tawaran kepada Anda. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat sejenak jika memang ada anggota keluarga yang membantu Anda di kala garage sale.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai memahami mengenai garage sale atau bahkan ingin untuk mengadakan garage sale? Jika iya terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  • Sortir serta berikan label terhadap barang-barang yang Anda jual di garage sale
  • Jangan takut untuk mempertahankan harga yang dipatok saat tawar menawar jika memang barang tersebut bersifat langka atau masih dalam kondisi yang sangat baik.
  • Persiapkan kembalian dalam pecahan uang kecil agar tidak kesusahan ketika memberikan uang kembalian kepada para pembeli di garage sale Anda.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads