Seluruh Proses Pendaftaran PPDB DKI Dilakukan Secara Online

Pendidikan

Seluruh Proses Pendaftaran PPDB DKI Dilakukan Secara Online

Pandemi COVID-19 yang masih masih melanda ibu kota membuat aktivitas terganggu. Salah satunya adalah pendaftaran bagi calon peserta didik di tahun ajaran yang baru, khususnya bagi orangtua murid yang akan mendaftarkan buah hati untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI, Nahdiana dalam rapat via telekonferensi bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

[Baca Juga: Ini 8 Zonasi PPDB di Kabupaten Bandung. Catat Tanggal Pendaftarannya!]

"Mengingat bahwa saat ini masih masa pandemi belum berakhir sehingga kami menyesuaikan melakukan PPDB dari rumah untuk mencegah berkumpulnya perserta didik atau orang tua secara fisik di sekolah," ujar Nahdiana.

Dengan adanya hal tersebut, maka nantinya seluruh proses PPDB dilakukan secara daring, mulai dari pendaftaran, verifikasi hingga pengumuman. Bahkan, informasi teknis pendaftaran dan data tampung sekolah juga akan disampaikan secara daring.

Tidak hanya itu kata Nahdiana, pihaknya juga telah menyiapkan help desk melalui posko-posko yang ada di sekolah ataupun yang ada di tiap suku dinas untuk membantu peserta didik yang tidak bisa melakukan pendaftaran secara online. Ia pun memastikan bahwa di posko tersebut nantinya akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Seluruh Proses Pendaftaran PPDB DKI Dilakukan Secara Online

"Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan saat ini dalam kondisi pandemi. Lalu di nomor telepon, baik secara langsung, maupun WA, dan media-media sosial," ujarnya.

Adapun pra-pendaftaran PPDB akan mulai dibuka pada 11 hingga 14 Juni. Sedangkan untuk pendaftaran resminya baru akan dibuka pada 15 Juni sampai dengan 9 Juli 2020. Lalu untuk persiapan masa perkenalan lingkungan sekolah rencananya akan dimulai pada tanggal 11 Juli.

Sementara itu, pada 14 Mei sampai 18 Mei 2020 pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi secara internal terkait kebijakan ini. Baru kemudian, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara eksternal mulai tanggal 18 Mei hingga 20 Mei.

[Baca Juga: Disdik DKI Siapkan Skema Pembelajaran Jelang Tahun Ajaran Baru]

Untuk diketahui, tahun ini Disdik membuka empat jalur PPDB meliputi jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua atau anak guru. Tahun ajaran baru 2020/2021 pun rencananya akan dimulai pada 13 Juli 2020.

"Hari pertama sekolah kami siapkan 13 Juli 2020 dengan mempertimbangkan kebijakan dari pemerintah pusat dan daerah," tambah Nahdiana.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.