Pajak.jpg

Bisnis

Semarak Gebyar Agustus, Pemkab Tangerang Hapus Denda Wajib Pajak

Memasuki bulan Agustus, bertepatan dengan bulan kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang meluncurkan program baru bagi masyarakat. Di tengah kesulitan kebangkitan ekonomi selama masa pandemi COVID-19, ditambah Pemberkakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), program baru tersebut diluncurkan untuk meringankan beban kesulitan yang selama ini dirasakan bersama.

Menyambut semarak Agustus-an, Pemkab Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang turut larut dalam gegap gempita perayaan kemerdekaan di masyarakat lewat program ‘Semarak Gebyar Agustus’. Melalui program tersebut Pemkab Tangerang memberikan keringanan dan kemudahan bagi masyarakat wajib pajak dengan memberikan penghapusan bagi denda-denda yang selama ini ditunggak masyarakat, baik sengaja maupun tidak.

Mengusung tujuan meringankan beban dan meningkatkan kesadaran wajib pajak, melalui program tersebut, Pemkab Tangerang berharap mampu memantik kesadaran sekaligus antusiasme masyarakat wajib pajak dalam melunasi dan membayar kewajibannya. Untuk perbaikan, pembangunan, sekaligus aktivitas kerja Pemkab Tangerang.

Melalui program ini, yang berlaku satu bulan penuh, denda 2% per bulan bagi masyarakat wajib pajak golongan 1 sampai 5 dihapus secara kumulatif.

“Program penghapusan ini berlaku selama bulan Agustus 2021, dan berlaku untuk golongan 1 hinga golongan 5. Yang dihapuskan adalah denda 2% per bulan yang berlaku secara kumulatif.” Ujar Dwi Chandra Budiman, Kepala Bidang Pajak Daerah PBBP2 dan BPHTB pada Bapendan Kabupaten Tangerang saat peluncuran program.

Gebyar Agustus.jpeg

Dengan adanya program yang membuka akses kemudahan bagi masyarakat ini, Pemkab Tangerang juga menghimbau masyarakat untuk memberikan dukungan antusias dalam membayar dan melunasi beban pajak pokok yang dimiliki.

Kecenderungan pajak PBB yang sangat terjangkau, yakni 0,15% - 0,225% ditambah penghapusan denda 2 persen per bulannya lewat program ‘Semarak Gebyar Agustus’ ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan. Mengingat Pemkab Tangerang membutuhkan suntikan dana pajak untuk mengoptimalisai kerja di tiap perangkat yang sedang mengalami kesulitan selama masa pembatasan aktivitas ekonomi di Kabupaten Tangerang, di samping masih relatif tingginya angka kasus COVID-19.

“Demi kemudahan dan untuk membantu masyarakat, juga demi menjaga akselerasi penerimaan PAD dalam hal ini PBB. Karena realisasi penerimaan PBB ini juga digunakan untuk kepentingan masyarakat, untuk kebutuhan pembangunan, biaya pelayanan, hingga biaya pemberdayaan masyarakat Kabupaten Tangerang.” Lanjutnya.

iPBB-1.jpg

Penghapusan denda lewat program ‘Semarak Gebyar Agustus’ ini juga telah dirancang terkoneksi secara otomatis melalui sistem yang sudah lama dikembangkan oleh Pemkab Tangerang. Memanfaatkan moda aplikasi iPBB Kab. Tangerang, masyarakat dapat dengan mudah memantau perkembangan mengenai informasi pajaknya.

“Penghapusan sanksi denda administrasi PBBP2 berlaku secara otomatis melalui sistem. Para wajib pajak atau masyarakat dapat mengecek dalam iPBB Kab. Tangerang yang dapat diunggah melalui Playstore. Nantinya, pada aplikasi tersebut akan muncul tagihan pokok saja tanpa denda.” Pungkasnya.

Sementara, untuk pembayarannya sendiri dapat dilakukan melalui berbagia opsi mekanisme yang sangat mudah dan beragam. Selaras dengan arus digitalisasi, proses pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BJB dengan berbagai tenant, seperti M-Banking, Internet Banking, SMS Banking, Alfamart, Indomaret, Tokopedia, Bukalapak, Gopay, LinkAja, sampai Kantor Pos di seluruh Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.