nataruOK.jpg

Berita Kawasan

Semarang dan Jawa Tengah Siap Laksanakan PPKM Level III Saat Nataru

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III direncanakan akan dilakukan oleh pemerintah pusat pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 mendatang. Muhadjir Effendy selaku Menko PMK berujar jika PPKM Level III ini akan berlangsung dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Dalam peraturan PPKM level III tersebut nantinya masyarakat dilarang untuk mengadakan kegiatan yang memancing kerumunan seperti pesta kembang api, pawai serta arak-arakan. Selain itu masyarakat dilarang untuk melakukan mobilitas jika tidak terlalu urgent khususnya selama libur Nataru. Beberapa fasilitas umum juga akan ditutup dan aturan transportasi umum diperketat.

nataruOK3.jpg

Pengunjung yang datang ke tempat publik seperti bioskop, cafe, restoran ataupun pusat perbelanjaan juga dibatasi maksimal 50 persen dengan jam operasional hanya sampai pukul 21.00 WIB saja. Mobilitas masyarakat juga akan dibatasi dengan melarang para pegawai ASN, TNI/Polri dan karyawan swasta untuk cuti selama Nataru.

Hendrar Prihadi selaku Wali Kota Semarang berujar jika pihaknya akan melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat dengan penerapan PPKM level III pada saat momen Nataru mendatang. Walaupun belum menerima informasi resmi dari pemerintah pusat, namun pihaknya mendukung segala aturan dari pemerintah pusat namun disesuaikan dengan kondisi wilayah PPKM level III. “Aturan secara detail belum, juknisnya belum kami terima,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (19/11/2021).

[Baca Juga: Tentang Pengetatan Jelang Nataru, Bandung Siap Ikuti Arahan Pusat]

Orang nomor satu di kota Semarang ini mengatakan jika pihaknya belum merencanakan konsep apa yang akan diterapkan di kota Semarang walaupun pemerintah pusat telah memiliki rencana untuk mencegah terjadinya kasus COVID-19 baru saat momen Nataru nanti. Ia meminta pemerintah daerah mulai mengawasi mobilitas di tempat wisata, salah satunya dengan menerapkan sistem plat nomor ganjil genap. “Liburnya akan dibuat selang-seling. Masyarakat diimbau untuk menunda liburan atau menunda mudik selama Nataru,” terang Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang ini.

nataruOK2.jpg

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo masih menunggu Surat Edaran (SE) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ia juga meminta kepada pendeta jika harus merayakan Natal, sebisa mungkin dilakukan terbatas dengan cara hybrid dan bagi masyarakat yang ingin merayakan tahun baru diminta menundanya karena terkait ketentuan ini. “Belum (PPKM Level III), kita masih menunggu SE Mendagri. Kemarin para Pendeta dan Romo kontak saya, gimana ini pak. Saya jawab coba kita tunggu dulu,” ujar Ganjar.

Dengan adanya aturan ini, Ganjar berharap agar masyarakat tidak mengambil cuti selama Nataru. Bahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng dilarang untuk cuti dan mudik sehingga libur bagi ASN hanya berlaku dua hari saja. Ini dimaksudkan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Namun jika nantinya ada peningkatan mobilitas maka kemungkinan pihaknya akan melakukan tindakan pengaturan lalu lintas. “Tempat wisata juga sama, akan kita batasi. Kalau nanti diberlakukan PPKM level III kan otomatis ketentuan-ketentuan akan lebih ketat lagi,” ujarnya pada 19/11/2021 lalu.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.