Semarang dan Solo Jadi Wilayah Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di Jateng .jpg

Kesehatan

Semarang dan Solo Jadi Wilayah Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di Jateng

Pada awal pekan lalu sudah ada 62.560 dosis vaksin COVID-19 yang dikirimkan pemerintah pusat untuk wilayah Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah pun langsung melakukan beragam persiapan untuk menggelar penyuntikan vaksin Sinovac perdana di wilayahnya. Di mana berdasarkan penjelasan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ada tiga daerah di wilayahnya yang akan menjadi kawasan pertama yang menerima vaksin tersebut. Wilayah itu terdiri dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

Pengumuman tiga wilayah yang mendapatkan vaksinasi perdana itu disampai Ganjar pada 12 Januari 2021. Saat itu, orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut tengah menghadiri acara Sosialisasi Pemberian Vaksin COVID-19 Bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo. Bila sesuai jadwal maka tahap perdana pemberian vaksin digelar esok hari 14 Januari 2021.

Semarang dan Solo Jadi Wilayah Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di Jateng.jpg

“Pak Kadinkes sudah menyiapkan proses vaksinasi, untuk pertama kali nanti dilakukan di Kota Semarang, Solo, dan Kabupaten Semarang. Tahap pertamanya tanggal 14 Januari 2021,” ujar Ganjar Pranowo, sebagaimana dikutip dari humas.jatengprov.go.id (12/1/2021).

Sejak pekan lalu, Pemprov Jawa Tengah disebut terus melakukan persiapan matang guna memastikan kegiatan vaksinasi COVID-19 berjalan lancar. Salah satunya adalah terkait pendataan vaksinator atau penerima vaksin. “Vaksinator sudah siap semua. Jateng termasuk yang sudah mendaftarkan bahkan seluruh puskesmas juga sudah kita daftarkan. Jadi sudah 100 persen dari awal,” sebut Ganjar Pranowo.

[Baca Juga: BPOM Perpanjang Pemantauan Uji Coba Vaksin Sinovac Tiga Bulan ke Depan]

Menurut Gubernur Jawa Tengah, RSUD Tugurejo Semarang mulai 13 Januari 2021 akan menjadi lokasi pengecekan orang-orang yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 pertama, khususnya dari elemen Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda Jawa Tengah.

Hari ini akan menjadi momen perdana vaksinasi COVID-19 yang digelar bersamaan dengan penyuntikan vaksin Sinovac ke Presiden Joko Widodo. Usai Jokowi divaksin maka para pemimpin daerah di Tanah Air juga turut mengikuti jejaknya untuk menyusul dan dari sisi Gubernur Jawa Tengah, dirinya sejak pekan kemarin mengatakan siap untuk divaksinasi COVID-19.

“Saya kira perintah presinden bagus, akan bisa menjadi contoh. Saya sendiri siap! Siaplah, mosok ora siap (masa tidak siap), presiden saja siap kok,” tegas Ganjar Pranowo (6/1/2021).

Read More

Artikel Lainnya

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

Pendidikan

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

23 January 2021, 18:07

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu anak untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

23 January 2021, 15:51

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek.

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.