Semarang MooiOK3.jpg

Hobi dan Hiburan

Semarang Mooi, Event Bagi Pecinta Barang Antik

Beberapa waktu lalu Komunitas barang antik Indonesia mengadakan Festival bertajuk ‘Indonesia Vintage Festival III pada 26-28 November 2021. Bertempat di Gedung Utama Kementerian Terminal A Mangkang Kota Semarang berbagai barang antik di era tahun 60an dipajang diantaranya seperti toys game, furniture, baju, home decor, sepeda, motor antik dan ratusan barang kuno lainnya.

Sardi Rosito selaku wakil ketua Semarang Mooi mengatakan jika Festival tingkat nasional ini merupakan agenda bergilir dimana kota Semarang menjadi kota ketiga yang mengambil tema ‘Semarang Mooi’ dengan jumlah peserta pameran sebanyak 176 orang yang diikuti oleh peserta dari berbagai kota di pulau Jawa.

Semarang MooiOK.jpg

Selain menjadi festival yang paling dicari-cari para pecinta barang-barang antik dan vintage, event ini ternyata bertujuan sebagai sarana silahturahmi antar pedagang barang antik yang berasal dari berbagai kota di pulau Jawa. “Di festival ini para pelapak bisa bersosialisasi dengan para pedagang barang antik lainnya. Jadi merekatkan hubungan antarmereka juga,” ujar Sardi.

[Baca Juga: Suka Berburu Barang Antik, Cari Koleksimu di Asem Kawak]

Reno Adi Pribadi selaku Kepala Terminal Mangkang Kota Semarang menilai event ini merupakan gerakan untuk membangkitkan perekonomian kreatif yang selama ini tidak tampak di masyarakat. “Artinya harus kita gerakkan untuk membangkitkan perekonomian kreatif. Selama ini tidak ada kegiatan-kegiatan yang terlihat masyarakat,” ungkap Reno dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (26/11/2021).

Semarang MooiOK2.jpg

Sebelum dilaksanakan di kota Semarang , event Indonesia Vintage Festival ini telah diselenggarakan di dua kota lainnya yaitu kota Surabaya dan kota Solo. Kota Surabaya menjadi kota pertama penyelenggaran event ini, sementara kota Solo menjadi kota kedua dan Semarang merupakan kota ketiga event ini. Adapun pemilihan lokasi Festival yang berada di Gedung Utama Kementerian Terminal A Mangkang dikarenakan lokasi ini masih blank spot.

Beberapa barang yang terlihat dipamerkan dalam festival ini antara lain audio, vynale, furniture, vilatelly bahkan sepeda motor tua. Indonesia Vintage Festival sendiri merupakan sebuah event pertama di Indonesia yang menggabungkan berbagai macam lintas hobby yang berkaitan dengan nuansa vintage yang meliputi otomotif, keramik, jadoelan, fotography, antik dan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.