Sempat Dibahas Warganet, Mahasiswa Mulai Terima Kebijakan UKT Unpad.jpg

Pendidikan

Sempat Dibahas Warganet, Mahasiswa Mulai Terima Kebijakan UKT Unpad

Pada akhir Juni 2020, Universitas Padjadjaran (Unpad) sempat menjadi pembahasan para netizen atau warganet Tanah Air di media sosial. Hal ini dipicu oleh tagar unpadkokgitu di Twitter yang membahas mengenai kebijakan penyesuaian pembayaran Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Namun saat ini Unpad menyebut, sudah ada ribuan mahasiswa yang menyetujui penyesuaian UKT yang diberikan sebagai respons pandemi COVID-19 tersebut.

Saat ini menurut Unpad, sudah ada sekitar 1.241 mahasiswa yang menyetujui kebijakan UKT-nya dan jumlah ini masih dapat terus bertambah. “Proses validasi dan verifikasi masih akan berlangsung sampai dengan tanggal 29 Juli 2020 untuk membereskan pengajuan mahasiswa yang belum disetujui sampai hari ini,” jelas Wakil rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Ida Nurlinda, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (25/7/2020).

Sempat Dibahas Warganet, Mahasiswa Mulai Terima Kebijakan UKT Unpad .jpg

Kebijakan UKT Unpad sendiri diterapkan sejalan dengan Keputuran Rektor Nomor 560/UN6.RKT/Kep/HK/2020 tentang Penyesuaian Pembayaran UKT Bagi Mahasiswa Unpad pada Semester Ganjil 2020/2021. Di mana pada keputusan tersebut terdiri dari penyesuaian terhadap pembayaran UKT secara mengangsur, penundaan, pengurangan, hingga perubahan kelompok UKT.

Dalam proses realisasi kebijakannya, pihak Unpad mengklaim sudah memiliki Kelompok Kerja yang memang khusus ditugaskan untuk penanganan kebijakan UKT di masa pandemi COVID-19 sendiri. Dengan perwakilan BEM Kema dan BEM Fakultas yang turut ikut dalam Kelompok Kerja tersebut. Menurut Direktur Keuangan dan Tresuri Unpad Edi Jaenudin, penyesuaian UKT sudah dilakukan pihak universitas dari 24 Juli 2020 dan berjalan lancar tanpa hambatan.

[Baca Juga: Mahasiswa Terdampak Pandemi Bisa Ajukan Keringanan UKT]

Pembahasan mengenai UKT Unpad ini memang sempat ramai menjadi cuitan di Twitter pada Juni lalu dengan kata #unpadkokgitu. Walau kebijakan ini dipandang meringankan beban biaya UKT mahasiswa, tapi warganet membahas mengenai syarat administratifnya. Di mana persyaratannya terdiri dari surat pengajuan penyesuaian UKT dan pernyataan di atas materai, hasil pindai Kartu Keluarga, slip gaji, rekening listrik, foto tempat tinggal (depan dan dalam rumah), foto kendaraan, PBB, laporan pajak tahunan, surat pemutuhan hubungan, serta dokumen pendukung lainnya.

“Jika mahasiswa kesulitan dengan persyaratan atau berbagai prosedur lainnya, maka bisa mengajukan permohonan bantuan UKT yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses penjaringan dan verifikasi awal dilakukan oleh BEM Kema dan BEM Fakultas,”ucap Edi. Untuk pengajuan bantuan UKT Kemendikbud sendiri batas akhirnya adalah di 31 Juli dengan pengumumannya pada 5 Agustus 2020.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 6 months lalu
    hanna56

    Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan