Sempat Ditutup Akibat COVID-19, Wisata Pulau Tidung Kembali Dibuka untuk Publik.jpg

Berita Kawasan

Sempat Ditutup Akibat COVID-19, Wisata Pulau Tidung Kembali Dibuka untuk Publik

Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Kepulauan Seribu. Namun akibat pandemi COVID-19, pulau ini pun sempat ditutup dan akhirnya kembali dibuka pada 13 Juni 2020 usai berbagai lokasi wisata di Ibu Kota mulai dibuka. Namun sayangnya, Pulau Tidung kembali terpaksa ditutup sementara usai ditemukan kasus positif COVID-19 pada 19 Juli 2020. Berselang beberapa hari setelah penutupan tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu pun memutuskan untuk Pulau Tidung kembali dibuka dengan syarat khusus.

Sempat Ditutup Akibat COVID-19, Wisata Pulau Tidung Kembali Dibuka untuk Publik .jpg

Penutupan pulau yang menjadi salah satu destinasi di Kepulauan Seribu pada akhir pekan lalu dilakukan usai ada lima warga yang terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19. Oleh karena itulah hanya Pulau Tidung saja yang kembali ditutup sementara oleh pihak Pemkab Kepulauan Seribu, sedangkan pulau-pulau lainnya di wilayah ini tetap terbuka untuk wisatawan. Di mana pada awalnya, Pulau Tidung direncanakan akan ditutup sekitar 14 hari tapi tampaknya rencana tersebut berubah.

Pemkab Kepulauan Seribu pun baru-baru ini mengizinkan untuk aktivitas pariwisata di Pulau tidung untuk kembali berjalan. Namun terdapat penegasan bahwa ada kebijakan protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh para pemilik homestay, rumah makan, para penjual cinderamata, hingga untuk wisatawan yang ingin berlibur di Pulau Tidung.

[Baca Juga: Sudin Gulkarmat Jadwalkan Penyemprotan Rutin di Kepulauan Seribu]

Menurut Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, pihaknya siap mengambil langkah tegas jika ditemukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan. Ia mencontohkan jika diketahui ada pelaku usaha serta wisatawan yang tak menggunakan masker atau tidak membatasi jumlah akomodasi menjadi 50 persen maka pihaknya siap kembali menutup Pulau Tidung untuk para pelancong.

“Kita buka kembali dengan syarawat wisatawan menjalankan protokol kesehatan selama berlibur di Pulau Tidung,” tegas Junaedi, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (22/7/2020).

Kelurahan Pulau Tidung pun siap menjalani arahan dari Pemkab Kepulauan Seribu. Di mana mereka akan langsung melakukan pengetatan pengawasan dari berbagai dermaga. “Pengetatan pengawasan meliputi semua protokol kesehatan demi keselamatan dan kesehatan warga Tidung,” jelas Lurah Pulau Tidung Hafsah. Hal yang sama juga turut disuarakan pelaku usaha jasa wisata Pulau Tidung yang menyebut, protokol kesehatan ini demi kepentingan bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 2 months lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…