Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab.jpg

Kesehatan

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab

Pada pekan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus bergerak untuk melakukan antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungannya usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta atau Wagub Ariza dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Salah satu langkahnya adalah melakukan contact tracing atau pelacakan kontak terhadap orang-orang di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang sempat kontak erat dengan keduanya.

Pemprov DKI Jakarta menggelar penelusuran kontak ini melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dengan ratusan orang yang telah mengikuti tes swab sampai Selasa lalu. Ini menyusul tes swab PCR yang dijalani Wagub Ariza pada 27 November 2020 dan Anies Baswedan pada 30 November 2020 dengan hasil keduanya yang menunjukkan bahwa mereka terpapar COVID-19.

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swa b.jpg

“Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang,” ungkap Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti, sebagaimana dikutip dari rilis Dinas Komunikas, Informati, dan Statistik DKI Jakarta (2/12/2020).

[Baca Juga: Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa]

Terkait Anies dan Wagub Ariza, Widyastuti menjelaskan, keduanya sebenarnya rutin menjalani tes PCS dengan minimal satu hingga dua minggu sekali. Dengan langkah ini maka keduanya lebih cepat terdiagnosa sehingga dapat ditangani lebih cepat. Lalu dari sisi pelacakan kontak, langkah ini juga dinilai cepat karena masyarakat banyak yang aktif datang ke puskesmas untuk tes swab karena pernah kontak dengan orang nomor satu dan dua di Ibu Kota itu.

Dari ratusan orang yang menjalani tes swab pada contact tracing ini memang ditemukan ada yang positif COVID-18. Namun Kepala Dinkes itu menegaskan, ini belum tentu mereka yang positif tersebut memang dikarenakan tertular Anies atau Wagub Ariza. Di mana jumlahnya sendiri terdiri dari lima orang yang positif dari 158 orang (42 orang masih menunggu hasil) yang kontak erat dengan Gubernur DKI Jakarta dan dari 279 orang yang kontak dengan Wagub Ariza ada 19 orang yang dinyatakan terinfeksi COVID-19 (75 orang masih menunggu hasil).

Read More

Artikel Lainnya

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

Kuliner

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

25 January 2021, 18:35

Para tamu dapat menikmati masakan Tionghoa autentik dan hidangan khas Indonesia sekaligus sebagai pengalaman kuliner yang unik di restoran NSNTR.

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

Kesehatan

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

25 January 2021, 17:39

Mohammad Idris mengatakan, pencanangan kampanye plasma konvalesen ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

Bisnis

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

25 January 2021, 16:38

Sebanyak 380 ekor burung berkicau asal Ende, Nusa Tenggara Timur, gagal diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya .jpg

Hobi dan Hiburan

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya

25 January 2021, 15:41

Penyanyi solo Aldiv secara resmi merilis single perdananya yang berisi curahan hati mengenai cinta yang bertepuk sebelah tangan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 month, 3 weeks lalu
    emma

    Hanya di qqharian888. com website judi online terpercaya yang berani memberi promo kekalahan pertama di ganti 100%. Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Langsung gabung bersama kami, di https://biolinky.co/linkpromo