Sempet Terjadi Kerumanan, Vaksinasi di Pasar Tanah Abang Dihentikan Sementara

Kesehatan

Sempat Terjadi Kerumanan, Vaksinasi di Pasar Tanah Abang Dihentikan Sementara

Proses pendataan masih menjadi kendala kelancaran vaksinasi untuk para pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Akibatnya terjadi antrean saat pendaftaran pada Selasa, 23 Februari 2021 sehingga panitia meniadakan vaksinasi pada Rabu, 24 Februari 2021. Lantai 8 Blok A Pasar Tanah Abang, yang selama sepekan terakhir digunakan sebagai tempat vaksinasi, tampak kosong. Lantai 12 yang digunakan sebagai tempat pendaftaran juga kosong dari kegiatan.

PD Pasar Jaya, selaku pengelola pasar, melalui pengeras suara, mengumumkan bahwa vaksinasi akan kembali digelar pada Kamis, 25 Februari 2021 hingga Rabu, 3 Maret 2021. Namun, pihak pengelola pasar mengingatkan pedagang bahwa mereka tetap dapat mengambil kupon vaksin khusus pedagang di Blok A, meski vaksinasi ditiadakan pada Rabu itu. Kupon dapat diambil di lantai 12. Hanya pedagang yang sudah mendaftar yang dapat memperoleh kupon dan pengambilan kupon ini tidak bisa diwakili.

Sempet Terjadi Kerumanan, Vaksinasi di Pasar Tanah Abang Dihentikan Sementara

Untuk menghindari kerumunan, waktu pengambilan kupon dibagi berdasarkan lantai tempat para pedagang berjualan. Pedagang di Basemen 2 dapat mengambil kupon pada pukul 09.00-10.00, pedagang di Basemen 1 pukul 11.00-12.00, dan pedagang di Semi Lower Ground pukul 14.00-15.00.

Terjadi Kerumunan

Ria, pedagang minuman di lantai 8, mengatakan, kemarin polisi menghentikan vaksinasi sekitar pukul 10.00 karena antrean pedagang yang ingin memperoleh vaksinasi mengular di lantai 8 dan lantai 12. Kepala Polsek Tanah Abang dan pengelola pasar melalui pengeras suara, kala itu, berulang kali mengingatkan para pedagang yang mengantre ikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak minimal 1 meter. Namun, peringatan itu tak dihiraukan pedagang sehingga vaksinasi dihentikan.

”Kalau tidak tertib menaati protokol kesehatan, akan saya bubarkan. Baris, jaga jarak 1 meter. Saya bubarkan vaksin hari ini, saya tutup,” kata Ria menirukan imbauan kapolsek dan pengelola pasar.

[Baca Juga: Hari Ini Pedagang Pasar Tanah Abang Akan Disuntik Vaksin COVID-19]

Kapolsek Metro Tanah Abang Komisaris Singgih Hermawan, yang dihubungi terpisah, menyampaikan, banyak pedagang datang tidak sesuai jadwalnya untuk vaksinasi sehingga menyebabkan antrean yang berbuntut kerumunan. ”Kami sarankan kepada panitia untuk membuat pengaturan antrean,” ujar Singgih seperti diberitakan kompas.id (25/2/2021).

Panitia menindaklanjuti permintaan kapolsek itu sehingga pembagian kupon vaksin dibagi dalam beberapa sesi selama Rabu ini. Dengan demikian, dapat mencegah terjadinya kerumuman akibat antrean vaksinasi seperti yang terjadi Selasa kemarin.

Sempet Terjadi Kerumanan, Vaksinasi di Pasar Tanah Abang Dihentikan Sementara

Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor 1 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19 menyebutkan, pelayanan vaksinasi COVID-19 tetap menerapkan protokol kesehatan. Caranya dengan menerapkan upaya pencegahan dan pengendalian infeksi serta menjaga jarak aman 1 sampai 2 meter sesuai dengan petunjuk teknis pelayanan vaksinasi pada masa pandemi COVID-19.

Pelaksanaan vaksinasi juga harus memperhatikan pengaturan ruangan dan waktu layanan dengan mempertimbangkan jumlah sasaran maksimal per sesi, serta ketersediaan tenaga. Pemerintah Daerah pun dapat membentuk tim pengawas layanan vaksinasi COVID-19 ini agar berjalan sesuai aturan protokol kesehatan.

[Baca Juga: Dibuka Kembali, Pasar Tanah Abang Terapkan Mekanisme Ganjil-Genap]

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi terus berlanjut karena banyak pedagang yang baru mendaftarkan diri. Saat ini terdaftar 21.000 orang dari semula 9.791 orang. ”Vaksinasi masih terus berlanjut meskipun sempat berhenti karena kerumunan,” ujar Nadia.

Sejak Rabu, 17 Fabruari 2021 sudah ada 10.308 pedagang dan pengelola pasar memperoleh dosis pertama vaksin COVID-19. Sejauh ini tidak ada keluhan atau gangguan kesehatan setelah vaksinasi. Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Reynaldi Sarijowan mengatakan, pihaknya masih mendata pedagang pasar, sekaligus sosialisasi dan meyakinkan pedagang untuk ikut vaksinasi. ”Kami coba mendata dan selebihnya coba meyakinkan dan turut berperan aktif untuk melakukan sosialisasi vaksin ini,” kata Reynaldi.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.