Tips Merawat Rambut Berhijab.jpg

Kecantikan dan Fashion

Senang Traveling? Berikut Tips Rawat Rambut Wanita Berhijab

Bagi wanita muslimah yang berhijab terkadang mengkhawatirkan rambut akan bermasalah saat sedang beraktifitas seharian di luar rumah ataupun travelling. Rambut yang selalu tertutup sangat rentan terhadap berbagai masalah rambut seperti rambut lepek, rontok, bau karena keringat hingga berketombe.

[Baca Juga: Penyebab Ketombe dan Permasalahan Kulit Kepala Lainnya]

Hal itu disebabkan karena sirkulasi udara jadi berkurang di area kepala yang tertutup, terutama di kulit kepala dan rambut. Selain para hijabers ingin terhindar dari masalah rambut, tentu para hijabers ingin menjaga keindahan rambutnya.

Berikut adalah empat tips yang dirangkum dari berbagai sumber yang bisa berguna untuk para hijabers yang punya aktifitas seharian dirumah ataupun menyukai travelling agar tetap memiliki rambut yang sehat.

  • Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Anda bisa menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan keramas yang teratur, minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Rambut berhijab cenderung berminyak dan lembap, maka gunakan shampoo yang diformulasikan khusus untuk perawatan rambut berhijab yang saat ini sudah banyak di produksi berbagai produk shampoo.

  • Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Basah

Setelah keramas, sebaiknya Anda membiarkan rambut kering secara alami. Jika ingin mengeringkan rambut dengan hair dryer, gunakan dengan temperatur rendah dengan jarak 10-15 sentimeter dari rambut agar tidak merusak rambut Anda. Hindari menggunakan hijab ketika rambut basah karena bisa menyebabkan bau dan rambut rontok. Selain itu, memakai hijab ketika rambut basah bisa memicu masuk angin.

  • Jangan Menyiksa Rambut

Bagi para hijabers yang memiliki rambut panjang, gunakan karet rambut yang tidak terlalu keras untuk mengikat rambut Anda. Hal yang perlu diperhatikan saat mengikat rambut adalah hindari mengikat rambut terlalu kencang, karena bisa membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Ikatlah rambut Anda secukupnya dan jangan lupa melepas ikatan rambut Anda ketika sudah melepas hijab agar rambut dapat bernapas.

  • Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Memilih hijab yang tepat bisa menjadi salah satu cara merawat rambut berhijab. Anda bisa memilih hijab yang menggunakan kain ramah kulit sehingga ada jalur keluar masuk udara seperti kain chiffon atau katun. Hijab katun akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala Anda dan tetap menjaga rambut Anda tertutup. Jika Anda lebih suka kain sintesis, seperti nylon atau polyester, Anda harus gunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut Anda dari risiko gesekan antar kulit kepala dengan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

[Baca Juga: 4 Gaya Hijab Nyaman untuk Liburan Ke Pantai]

Empat tips sederhana di atas bisa dipraktikkan bagi para hijabers yang masih bingung untuk merawat rambut agar tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.