Tips Merawat Rambut Berhijab.jpg

Kecantikan dan Fashion

Senang Traveling? Berikut Tips Rawat Rambut Wanita Berhijab

Bagi wanita muslimah yang berhijab terkadang mengkhawatirkan rambut akan bermasalah saat sedang beraktifitas seharian di luar rumah ataupun travelling. Rambut yang selalu tertutup sangat rentan terhadap berbagai masalah rambut seperti rambut lepek, rontok, bau karena keringat hingga berketombe.

[Baca Juga: Penyebab Ketombe dan Permasalahan Kulit Kepala Lainnya]

Hal itu disebabkan karena sirkulasi udara jadi berkurang di area kepala yang tertutup, terutama di kulit kepala dan rambut. Selain para hijabers ingin terhindar dari masalah rambut, tentu para hijabers ingin menjaga keindahan rambutnya.

Berikut adalah empat tips yang dirangkum dari berbagai sumber yang bisa berguna untuk para hijabers yang punya aktifitas seharian dirumah ataupun menyukai travelling agar tetap memiliki rambut yang sehat.

  • Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Anda bisa menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan keramas yang teratur, minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu. Rambut berhijab cenderung berminyak dan lembap, maka gunakan shampoo yang diformulasikan khusus untuk perawatan rambut berhijab yang saat ini sudah banyak di produksi berbagai produk shampoo.

  • Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Basah

Setelah keramas, sebaiknya Anda membiarkan rambut kering secara alami. Jika ingin mengeringkan rambut dengan hair dryer, gunakan dengan temperatur rendah dengan jarak 10-15 sentimeter dari rambut agar tidak merusak rambut Anda. Hindari menggunakan hijab ketika rambut basah karena bisa menyebabkan bau dan rambut rontok. Selain itu, memakai hijab ketika rambut basah bisa memicu masuk angin.

  • Jangan Menyiksa Rambut

Bagi para hijabers yang memiliki rambut panjang, gunakan karet rambut yang tidak terlalu keras untuk mengikat rambut Anda. Hal yang perlu diperhatikan saat mengikat rambut adalah hindari mengikat rambut terlalu kencang, karena bisa membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Ikatlah rambut Anda secukupnya dan jangan lupa melepas ikatan rambut Anda ketika sudah melepas hijab agar rambut dapat bernapas.

  • Pilih Bahan Hijab yang Tepat

Memilih hijab yang tepat bisa menjadi salah satu cara merawat rambut berhijab. Anda bisa memilih hijab yang menggunakan kain ramah kulit sehingga ada jalur keluar masuk udara seperti kain chiffon atau katun. Hijab katun akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala Anda dan tetap menjaga rambut Anda tertutup. Jika Anda lebih suka kain sintesis, seperti nylon atau polyester, Anda harus gunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut Anda dari risiko gesekan antar kulit kepala dengan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

[Baca Juga: 4 Gaya Hijab Nyaman untuk Liburan Ke Pantai]

Empat tips sederhana di atas bisa dipraktikkan bagi para hijabers yang masih bingung untuk merawat rambut agar tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.