Senthong-3

Bisnis

Senthong Kiwo Jogja, Sentra Celengan Gerabah Kekinian

Kebiasaan menyimpan barang berharga seperti uang atau uang koin, sudah ada sejak jaman dulu kala. Medianya pun bermacam-macam mulai dari tabung berongga, ruang rahasia atau barang-barang khusus . Masyarakat Jawa mengenal sebuah benda yang disebut dengan nama celengan. Benda ini biasanya difungsikan untuk menyimpan uang , perhiasan atau barang berharga lainnya. Bentuknya pun macam-macam mulai dari bentuk hewan, manusia, tokoh wayang serta bentuk lainnya.

Salah satu industri keramik yang sampai saat ini masih bertahan memproduksi celengan ini adalah Bambang Utoyo warga Kasongan, Kasihan Bantul. Dengan label Senthong Kiwo atau (SK ), Bambang memproduksi celengan dari berbagai bentuk dan ukuran.

Bambang Utoyo

Bambang mengatakan, SK merupakan industri keramik yang berbeda dengan industri lain yang ada di Kasongan. Sejak berdiri tahun 2006 lalu, SK sengaja mencari karakter yang berbeda dengan produk lainnya. Oleh karena itu pihaknya memilih untuk menggunakan finishing pewarnaan yang berbeda serta berupaya menampilkan bentuk dan model terkini sesuai dengan permintaan pelanggan. Selain itu, pilihan bentuk atau model celengan yang dihasilkan unik dan beragam warna.

“Di Kasongan ini kan banyak orang yang membuat keramik. Kalau saya tidak punya karakter yang berbeda maka gak akan ada orang yang mampir. Dan alhamdulilah, sepertinya sampai saat ini tidak ada yang membuat selain home industry ini, sehingga produk ini masih eksis sampai tahun 2021 sekarang ini. Pemesan juga dapat memilih sesuai keinginan dan selera warnanya," ujar Bambang ketika dihubungi PingPoint.co.id (15/7/2021).

Ditambahkan Bambang, selain menjangkau pasar di Yogyakarta, celengan SK juga menjangkau beberapa kota lain di Indonesia. Adapun produk celengan yang saat ini banyak diminati justru bukan lagi berbentuk hewan, tetapi bentuk sepasang pengantin, kartun , tokoh boneka, maupun bentuk lainnya. Karena selain difungsikan sebagai tempat menyimpan , benda tersebut juga dapat dipakai sebagai hiasan di meja kerja atau kado pernikahan.

Senthong-4

Pihaknya mencontohkan, bentuk yang unik serta bernuansa pakaian adat Jogjakarta merupakan daya tarik tersendiri bagi pelanggan SK , sementara bentuk karakter Dimas -Diajeng yang merupakan maskot wisata Yogyakarta sering dipesan oleh Dinas Pariwisata DIY sebagai souvenir . Bentuk -bentuk yang khas tersebut sengaja diciptakan sebagai upaya untuk membangun karakter serta memenuhi kebutuhan selera pasar yang terus berubah.

Karena keunikannya, keramik produksi SK ini kemudian menarik perhatian sejumlah mahasiswa melakukan penelitian terhadap aspek, bentuk , fungsi serta finisingnya. Sebab, produksi celengan SK dilakukan secara terstruktur, sehingga SK menghasilkan produk yang sangat inovatif.

Adapun, perbedaan lainnya adalah pemberian finishing dengan motif batik tradisional dengan pilihan warna yang menjadi daya tarik tersendiri, pemilihan motif dan warna yang diracik sendiri oleh pemilik dengan bereksperimen.

“Ini berbeda dengan industri lain terutama industri gerabah yang masih menggunakan warna tradisional biasa atau penggunaan warna asli tanah liat yang dihasilkan dari proses pembakaran," ujar Arif mahasiswa Prodi Pendidikan Kriya FPBS UNY

Senthong-1

Disamping itu Arif mengatakan, kesediaan SK melayani disain dari pelanggan merupakan salah satu terobosan layanan yang luar biasa. Sebab dalam hal kustomisasi disain, pemesan hanya perlu memberi gambar contoh dalam kertas kemudian SK menciptakan produk tiga dimensi dari gambar yang diberikan pemesan dan merealisasikannya kedalam produk souvenir keramik. Untuk satu desain digunakan untuk satu kali pembuatan produk.

“Merealisasikan pesanan disain menjadi bentuk 3D merupakan hal yang tidak mudah. Karena memerlukan daya imajinasi dan teknis yang sangat rumit," tandas Arif.


Read More

Senthong Kiwo Handy Craft

Kerajinan Keramik

085643885512
None

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.