UMKM 1.jpg

Bisnis

Sentra UMKM Baru di Kelurahan Nusa Jaya Kota Tangerang

Proses membenahi dan meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat terus digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Setelah beberapa langkah digitalisasi dan mempermudah akses modalisasi perekonomian masyarakat dilakukan, kini salah satu entitas lain berupa lokasi sentra produk UMKM baru resmi dibuka dan dijalankan.

Sentra lokasi UMKM baru yang bakal dioptimalkan sebagai salah satu basis penggerak roda perekonomian lokal masyarakat Kota Tangerang tersebut terletak di Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Rencananya, sentra produk UMKM tersebut bakal dioptimalkan sebagai salah satu medium menjajakan produk-produk ekonomi lokal ke pasar ekonomi yang lebih besar.

Melaluinya, produk-produk ekonomi lokal Kota Tangerang dapat difasilitasi untuk bersaing dengan produk-produk pada umumnya. Digagas atas dasar kolaborasi atau gotong royong, sentra produk UMKM baru tersebut tidak hanya berfungsi sebagai medium penjualan, melainkan sebagai titik kegiatan bersama dalam membangun kolaborasi dalam peningkatan kualiatas produk-produk lokal yang berasal dari masyarakat Kota Tangerang secara langsung.

“Jadi semangatnya kolaborasi untuk sama-sama berhasil dan sukses memasarkan produk lokal Kota Tangerang.” Ungkap Arief R. Wirmansyah, Wali Kota Tangerang, saat melakukan peresmian Sentra produk UMKM baru, Nusa Jaya Store, Minggu, 22 Agustus 2021.

UMKM 2.jpg

Nusa Jaya Store, nama yang disematkan pada sentra produk UMKM baru tersebut, akan terus dikembangkan sebagai titik lokasi penjualan sekaligus pasar alternatif untuk mengumpulkan dan mendistribuskan produk-produk lokal yang dihasilkan masyarakat secara langsung. Lebih dari itu, Nusa Jaya Store diharapkan menjadi pemantik dalam membangkitkan sentra-sentra baru nantinya yang akan terus ditingkatkan di berbagai kelurahan di Kota Tangerang.

“Nantinya Nusa Jaya Store harus bisa membantu UMKM dari Kelurahan lain yang ada di Kota Tangerang.” Lanjutnya.

Menyelaraskan dengan kriteria pasar ekonomi di masa sekarang, Pemkot Tangerang bakal mensinergiskan kemajuan pasar dalam bentuk digitalisasi dan perkembangan startup yang ada dengan sentra produk UMKM yang baru dibuka. Lebih lanjut, Nusa Jaya Store dikembangkan dengan melakukan kerja sama dengan Tokopedia dan kanal Ayo Rangkul yang selama ini menjual produk khusus UMKM Kota Tangerang. Sehingga produk-produk yang dikembangkan di Nusa Jaya Store dapat dijangkau melalui pasar daring secara lebih mudah.

“Untuk online-nya bisa gabung di Ayo Rangkul dan Tokopedia. Sedangkan permodalan bisa mengajukan melalui Tangerang Bisa untuk UMKM.” Terangnya.

UMKM 3.jpg

Sebagai sentra produk UMKM baru, Nusa Jaya Store juga memfasilitasi warga lokal Kota Tangerang, terkhusus dari Kelurahan Nusa Jaya yang berkeinginan membangun produksi usaha kecil. Melalui program Tangerang Bisa yang selama ini telah ada, dan berjalin sosial lewat Nusa Jaya Store, produk-produk UMKM yang baru akan dapat lebih mudah terdistribusikan ke pasar dengan resiko kerugian atau kegagalan yang lebih kecil.

Ide mengembangkan sentra produk UMKM di Kelurahan Nusa Jaya tersebut murni dilahirkan dan dikembangkan secara swadaya oleh masyarakat untuk membangkitkan kualitas perekonomial lokal. Sedangkan posisi pemerintahan kelurahan, kecamatan, sampai kota, hanya sebagai fasilitator dalam membantun sentra produk UMKM tersebut dapat berkembang lebih optimal melalui berbagai bantuan dan penyelarasan program.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.