Sepatu Buatan Rumania Dukung Jaga Jarak Fisik.jpg

Kecantikan dan Fashion

Sepatu Buatan Rumania Bantu Jaga Jarak Fisik

Sebagai bentuk dukungan menjaga jarak fisik di masa pandemi COVID-19, seorang pembuat sepatu di Kota Transylvania, Rumania, Grigore Lup menciptakan sepatu berbentuk unik.

Diberitakan Reuters (5/6/2020) sepatu tersebut dibuat oleh Lup dari bahan kulit, berukuran 75 dalam ukuran Eropa. Bagian depannya sengaja dirancang menjadi panjang, sehingga orang-orang di sekitar pemakai otomatis akan menjaga jarak fisik mereka.

Panjang ujung sepatu ini sekitar 75 sentimeter. Apabila dua orang memakai sepatu tersebut dan saling berhadapan, kata Lup, maka akan ada hampir satu setengah meter di antara mereka.

Sepatu Buatan Rumania Bantu Jaga Jarak Fisik 1.jpg

Lup mengungkapkan ide pembuatan sepatu pun muncul ketika dirinya hendak pergi ke pasar dan melihat orang-orang di jalan tidak menjaga jarak fisik mereka. Sementara itu, desainnya sendiri diadaptasi dari model sepatu yang pernah ia buat untuk para aktor di negaranya.

“Anda bisa melihat di jalanan, orang-orang tidak mematuhi aturan jaga jarak fisik,” kata pria yang selama 39 tahun menggeluti bisnis sepatu kulit itu.

“Saya waktu itu pergi ke pasar untuk membeli bibit untuk kebun saya. Tidak banyak orang di sana tetapi mereka lama-lama semakin mendekat,” lanjutnya.

[Baca Juga: Beda! Alat Pelindung Diri Masa Pandemi COVID-19 Ini Tetap Stylish]

Sepasang sepatu bermoncong panjang ini dibanderol dengan harga US$115 atau setara Rp1,6 juta. Pada akhir Mei lalu, dilaporkan bahwa Lup telah menerima pesanan sebanyak lima pasang sepatu.

Sepatu Buatan Rumania Bantu Jaga Jarak Fisik.jpg

Lup mulai membuat sepatu saat usianya 16 tahun. Ia belajar dari pembuat sepatu yang kini berumur 93 tahun dan masih aktif memproduksi sepatu tradisional Hungaria. Pada tahun 2001, Lup membuka toko sepatunya. Selain berdagang di toko, pria yang kini berusia 55 tahun itu juga sangat bergantung pada pesanan sepatu dari teater dan gedung opera di negaranya.

[Baca Juga: Patung Madame Tussauds Catriona Gray Gunakan Bulu Mata Artisan]

Di masa pandemi ini, ia mengaku usahanya tengah macet karena banyak acara yang ditunda dan dibatalkan. Namun, Lup sangat optimis bahwa usahanya akan pulih seiring berjalannya waktu.

Melalui portal yang dikembangkan oleh John Hopkins University, hingga 5 Juni 2020, di negara Lup tinggal, Rumania, telah tercatat 19.907 kasus positif COVID-19. Sebanyak 1.305 di antaranya meninggal dunia dan 13.919 sembuh.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.