Sepekan Ini, 11 Masjid Dibersihkan Pemkot Jakarta Pusat

Berita Kawasan

Sepekan Ini, 11 Masjid Disteril Pemkot Jakarta Pusat

Imbauan yang dikeluarkan Dewan Masjid Indonesia (DMI) soal menjaga sanitasi masjid dan musala direspon baik. Salah satunya oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Jakarta Pusat, segenap perangkat daerah yang dibawahinya telah melaksanakan aksi bersih-bersih di masjid dan musala.

Tercatat, ada sejumlah Kelurahan dan Kecamatan telah membersihkan 11 masjid yang berada di wilayah Jakarta Pusat. Yang terbaru adalah wilayah Kelurahan Sumur Batu, sebagaimana dilansir beritajakarta.id (17/3/2020).

Apakah Anda Tertarik Ikut Program Ramadan di Masjid Istiqlal

Lurah Sumur Batu, Mimin Kusmiati mengatakan, kegiatan bersih-bersih sembilan masjid ini diawali dengan sosialisasi pencegahan penularan virus Corona kepada warga sekitar. Disebutkannya, sembilan masjid yang dibersihkan meliputi Masjid Al Mustaqiem, Masjid Al Fuqron, Masjid Al Ikhlash, Masjid Al Iman, Masjid Al Fata, Masjid Al Mujahidin, Masjid Hidayatullah, Masjid Jami Fatahillah dan Masjid Al Muttaqin.

Menurut Mimin, tindakan preventif penyebaran virus Corona dilaksanakan di delapan RW dan 106 RT yang tersebar di wilayah Sumur Batu. " Penyemprotan disinfektan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran virus Corona, dan tentunya sudah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu oleh tim medis dari Puskesmas Kecamatan Kemayoran. Harapannya dengan aksi bersih-bersih ini tempat ibadah di Sumur Batu dapat bersih dan steril dari penyebaran Corona," jelasnya.

[Baca Juga: Masjid Jami' Al-Makmur, Peninggalan Raden Saleh Ini Hampir Tergusur]

Sehari sebelumnya, kegiatan yang sama juga dilakukan di wilayah Kecamatan Menteng. Edi Suryaman, Camat Menteng, memerintahkan petugas untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke karpet hingga sudut-sudut masjid Sunda Kelapa. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB ini dibantu oleh empat pengurus Masjid. "Penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona," ujarnya, Senin (14/3/2020).

Setelah dibersihkan, diharapkan para jamaah masjid memiliki kesadaran untuk membawa peralatan ibadah masing-masing. Selain itu, juga diminta untuk selalu menjaga kebersihan saat beraktivitas seperti mencuci tangan dengan sabun. "Cuci tangan setiap beraktivitas. Jaga pola hidup sehat. Bila perlu minum vitamin serta menjaga jarak," tandasnya.

[Baca Juga: Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta]

Demikian juga yang terjadi di wilayah Kelurahan Kebon Melati. Lurah Kebon Melati, Winetrin mengatakan, kegiatan bersih-bersih masjid ini dimulai dari pukul 07.30-11.00. Dalam kegiatan tersebut, seluruh alat salat, fasilitas wudhu dan toilet dibersihkan dengan cairan disinfektan. "Lantai, karpet, toilet hingga tempat wudhu sudah kita semprot dengan disinfektan untuk mencegah Virus Corona," ujarnya, Jumat (13/3/2020).

Dia pun turut mengimbau para jamaah yang kurang sehat untuk melaksanakan ibadah di rumah hingga pulih total. Mereka juga diminta membawa alas atau sajadah masing-masing dari rumah. "Imbauan agar jamaah membawa peralatan salat pribadi ini bagian dari upaya antisipasi penyebaran COVID-19," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 4 months lalu
    rine

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di dupa88,net rasakan sensasinya guuuys...... <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>