Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya

Berita Kawasan

Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya

Pandemi belum usai. Di sisi lain sebagian warga Surabaya mulai kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari, lantaran tidak bisa cari uang di luar rumah. Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kota Surabaya Gunawan mengatakan ada dua macam bantuan yang akan disalurkan selama pandemi berlangsung, yakni bantuan sembako dan bansos tunai.

Menurut Hendro, bantuan sembako bagi warga terdampak COVID-19 bakal didistribusikan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya mulai hari Rabu (6/5/2020). Lebih lanjut dia menjelaskan, warga terdampak tersebut adalah data di luar MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang tidak pernah mendapatkan intervensi dari Pemkot Surabaya, Pemprov Jatim maupun pemerintah pusat. Terkini, kata Hendro, jumlah data terdampak COVID-19 sementara ini 27.023 KK, data ini bergerak dinamis setiap waktunya.

Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Presiden Didistribusi ke Warga Surabaya

Lebih jauh ditegaskannya, bantuan sembako ini berasal dari bantuan Presiden Joko Widodo sebesar 10 ribu paket sembako, bantuan dari Pemprov Jatim senilai Rp200.000, bantuan dari pihak swasta dan Pemkot Surabaya. “Bantuan sembako ini untuk tiga bulan ke depan. Isi sembakonya bermacam-macam, tapi nilainya sama dengan nilai bantuan dari Kemensos senilai Rp 600.000,” jelasnya, dilansir situs surabaya.go.id, Selasa (5/5/2020) kemarin.

Sementara itu, dia juga menyampaikan bahwa bansos tunai dari Kementerian Sosial baru akan disalurkan Senin pekan depan. Soal teknis pencairan bansos tunai, sambung Hendro, metode pencairannya melalui PT Pos yang sudah bekerjasama dengan Kemensos. Nantinya, data 174.332 KK yang terverifikasi Kemensos itu akan disalurkan ke PT Pos yang tersebar di Kota Surabaya. Kemudian, pihak PT Pos yang mengundang warga untuk mengambil bantuan di kantor PT Pos. “Nanti jadwal penyalurannya akan diatur dan digilir oleh PT Pos. Jadi, pemkot hanya support data basenya,” ujarnya.

[Baca Juga: PSBB Dievaluasi & Dibenahi, Kota Surabaya Tunjukkan Perkembangan]

Tak lupa dia mengingatkan warga untuk aktif. Apa bila nantinya warga terdampak COVID-19 dan belum mendapatkan bantuan, segera melapor melalui RW. “Nanti, RW bisa memasukkan usulan warga terdampaknya, kemudian Dinsos akan melakukan verifikasi, baru kemudian akan dilakukan penyerahan sembako bagi warga yang benar-benar berhak menerima,” tuntasnya.

Untuk diketahui, hingga pukul 22.00 WIB, Selasa kemarin, laman lawancovid-19.surabaya.go.id melaporkan jumlah kasus positif COVID-19 kini total berjumlah 569 kasus, 408 pasien diantaranya masih dalam masa perawatan. Sedangkan, 88 pasien lainnya dinyatakan sembuh, 73 pasien dinyatakan meninggal dunia. Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB pun diberlakukan untuk memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2.

PSBB Dievaluasi

Kemarin, terhitung genap sudah sepekan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya. Imbauan untuk beraktivitas—bekerja dan belajar—di rumah atau work from home gencar digaungkan. Tapi apa lacur yang terjadi, masih saja ditemui pelanggaran atas ketentuan PSBB.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Eddy Christijanto mengungkapkan, hasil dari evaluasi PSBB selama sepekan diterapkan. Berdasarkan laporan dari lapangan, masih banyak terjadi pelanggaran yang dilakukan warga.

Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya

Meski begitu, ada juga pencapaian yang memuaskan. Eddy menyebut tingkat keberhasilan tertinggi ada di bidang pendidikan. Dia menjamin, saat ini sudah tidak ada lagi lembaga pendidikan Kota Surabaya yang masih beraktivitas.

Selain itu, sambung dia, demikian juga halnya di bidang sosial budaya. Eddy menuturkan, pesta pernikahan, pesta khitan dan beberapa acara lainnya relatif nihil dan sudah sesuai aturan Perwali nomor 16 tahun 2020.

“Kemudian yang relatif berjalan juga aktivitas di taman-taman, karena kita sudah satu bulan setengah atau bahkan lebih melakukan penutupan semua taman di Kota Surabaya. Kebetulan di PSBB juga ada pembatasan aktivitas di taman, sehingga sekarang sudah tidak ada lagi aktivitas di taman-taman,” ujarnya.

Sepekan PSBB, Bantuan Sembako Didistribusi ke Warga Surabaya

Sementara yang menjadi perhatian dan terus dilakukan evaluasi adalah bidang rumah ibadah atau keagamaan. Berdasarkan evaluasi dengan Kemenag kemarin, dari 2.504 masjid dan musholla yang ada di Kota Surabaya, hingga saat ini masih ada 290 masjid atau musholla yang melaksanakan taraweh dan sekitar 96 masjid yang masih melaksanakan sholat jumatan. “Makanya, ini terus kita imbau supaya mereka bisa mentaati semua peraturan yang ada di saat PSBB,” tegasnya.

Sedangkan bidang perkantoran dan perdagangan serta toko-toko yang tidak termasuk pengecualian dalam Perwali, masih banyak ditemukan pelanggaran. Misalnya beberapa warga masih memilih makan di warung, ada pula yang sahur bersama. Padahal tidak sekali satgas melakukan sosialisasi terkait membungkus makanan yang dibeli dan dimakan di rumah masing-masing.

“Makanya kawan-kawan Satpol PP melakukan tindakan tegas. Kami hentikan kegiatan sahurnya dengan menyuruh pengunjung keluar. Lalu kursinya kita letakkan di atas meja. Karena yang boleh take away,” ungkap dia.

[Baca Juga: Kronologi Penanganan Klaster Sampoerna Versi Pemkot Surabaya]


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.