Seperti Tahun Lalu Pemkot Depok Keluarkan SE Larangan Rayakan Valentine

Pendidikan

Seperti Biasa, Pemkot Depok Keluarkan SE Larangan Rayakan Valentine

Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Larangan Ikut Serta dan Merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day. Surat bernomor 005/1686/Disdik/2021 tersebut diharapkan menjadi landasan bagi pelajar untuk tidak merayakan Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari besok.

Tahun sebelumnya surat edaran dengan isi yang sama dikeluarkan Pemerintah Kota (pemkot) Depok melalui surat edaran dari Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) mengimbau para camat dan lurah untuk "menghindari kegiatan-kegiatan yang bertentangan dengan norma agama, sosial, dan budaya".

Seperti Tahun Lalu Pemkot Depok Keluarkan SE Larangan Rayakan Valentine

Menurut berita yang dikeluarkan berita.depok.go.id (13/2/2021), penerbitan SE merupakan bagaian dari upaya membangun karakter peserta didik yang berakhlak mulia. Termasuk, menjaga mereka agar terhindar dari kegiatan yang bertentangan dengan norma agama, sosial dan budaya Indonesia berkenaan dengan Hari Valentine.

Dalam SE yang diterbitkan 11 Febuari tersebut, Pengawas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kepala SD dan SMP baik Negeri maupun Swasta dan Pimpinan Lembaga Pendidikan Non Formal diminta untuk menghimbau peserta didiknya agar tidak merayakan Hari Valentine.

[Baca Juga: Rekomendasi Kegiatan Bersama Pasangan di Hari Valentine]

Kepada pengawas kepala sekolah dan guru diharapkan melakukan pengawasan dan pemantauan kegiatan peserta didik dimasing-masing satuan pendidikan. Dalam SE tersebut juga meminta seluruh perangat sekolah untuk menanamkan sikap dan perilaku melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia.

Perangkat Sekolah diharapkan mengambil langkah-langkah pencegahan terkait kegiatan perayaan Hari Valentine yang dilakuan peserta didik. Serta turut mendukung pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam mencegah penularan COVID-19.

Seperti Tahun Lalu Pemkot Depok Keluarkan SE Larangan Rayakan Valentine

Sementara itu, pada tahun 2020 SE Pemkot Depok ditujukan pada pusat perbelanjaan, hotel, dan sekolah untuk tidak merayakan hari kasih sayang. Imbauan tersebut juga selalu diterima pihak pusat perbelanjaan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, kondisi berbeda dialami toko-toko bunga di sepanjang Jalan Akses UI, Cimanggis, Depok. Toko-toko di situ justru mengaku kebanjiran pesanan bunga di hari valentine. Tapi kebanyakan memang tak langsung datang ke lokasi, melainkan memesan lewat pesan WhatsApp.

[Baca Juga: Spot Merayakan Keseruan Valentine Seorang Diri di Jakarta]

Salah satu pemilik toko bercerita hari ini sudah merangkai ratusan rangkaian bunga dan menjual 300 batang mawar. Semua pesanan sudah dikirim ke masing-masing pelanggan. Seperti diberitakan cnn.com, pemilik toko bunga itu, Mumu (41) mengatakan peningkatan jumlah pelanggan di hari kasih sayang memang lazim terjadi sejak tiga tahun ia berjualan di situ.

Walaupun laris, namun keuntungannya justru lebih banyak di hari biasa. Karena di hari valentine harga bunga dari pemasoknya bisa naik tiga kali lipat. Para panjual mengaku tak mengetahui kalau pemkot Depok melarang perayaan valentine.

Read More

Artikel Lainnya

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2 021.jpg

Hobi dan Hiburan

realme narzo 30A Siap Hadir di Indonesia pada 3 Maret 2021

24 February 2021, 16:37

Ingin ponsel gaming yang ramah di kantung? realme narzo 30A yang siap dirilis awal bulan depat dapat jadi opsinya.

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III.jpg

Hobi dan Hiburan

Lewati Pertarungan Digital, 9 Tim Juarai FFML Season III

24 February 2021, 14:53

Usai melewati pertarungan digital yang panjang selama enam pekan, FFML Season III resmi berakhr dengan sembilan tim e-sport yang berhasil jadi juara.

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Ting gi.jpg

Bisnis

Perkuat Kualitas Wirausaha, Pemprov DKI Jakarta Gandeng 4 Peguruan Tinggi

24 February 2021, 13:52

Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini meneken perjanjian kerjasama dengan empat perguruan tinggi di wilayahnya guna semakin memperkuat kualitas wirausaha di Jakpreneur.

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak.jpg

Pendidikan

Guru Besar Unpad Ungkap Pengaruh Dampak Negatif Pandemi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

24 February 2021, 12:51

Dalam orasi ilmiahnya, Guru Besar Unpad memaparkan bagaimana pandemi COVID-19 memiliki pengaruh negatif terhadap tumbuh kembang anak.


Comments


Please Login to leave a comment.