Kampung Cina 1.jpg

Berita Kawasan

Sepi Sejak Sewindu, China Town Cibubur Diramaikan Pejuang Konten

Hampir di semua negara memiliki satu destinasi wisata yang identik dengan negara Tiongkok. Beberapa negara biasa menamainya dengan sebutan China Town. Indonesia pun memiliki banyak China Town di berbagai kota, tentu dengan versi lokalnya masing-masing atau yang lebih familiar di telinga kita adalah Kampung Tingkok. Salah satu Pecinan di Indonesia yang cukup terkenal berada di kawasan Kota Wisata Cibubur.

Kampung Cina 2.jpg

Pada masanya Pecinan Cibubur banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Banyak pula sekolah-sekolah dari luar Jakarta yang memilih China Town Cibubur sebagai tujuan dari study tournya. Kala itu, salah satu yang menjadi sasaran wisatawan saat berkenjung ke Kampung Cina adalah Silent Hill. Sebuah danau yang indah dan memiliki banyak wahana air yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang datang. Kini danau tersebut sudah diurug dan sedang dilakukan pembangunan mal.

[Baca Juga: Paduan 2 Budaya dalam Pagelaran Pecinan Batavia 2019 di Kota Tua]

Kampung Cina 6

Orang-orang di luar Jakarta belum banyak yang tahu bahwa China Town Cibubur kini tak seramai dulu. Sebelum pandemi, bahkan masih ada bus-bus sekolah yang mengunjungi Pecinan, tapi realitanya mengecewakan. Karena Kampung Cina saat ini sudah sepi pengunjung dan beberapa bangunannya pun sudah tidak terawat.

Kampung Cina 3.jpg

China Town Cibubur sudah mulai sepi pengunjung dari sekitar delapan tahun yang lalu. Namun masih banyak pedagang yang bertahan untuk berjualan di area tersebut. Rata-rata dari mereka mengatakan bahwa masih ada saja orang-orang yang berbelanja ornamen-oenamen China disana, apa lagi jika menjelang Imlek. Menurut salah satu pedagang yang berjualan di area Kampung Cina, “Kampung Cina sepi semenjak danaunya diurug,” ungkapnya pada Pingpoint.co.id (07/03/21).

Kampung Cina 5.jpg

Tambahnya, Kampung Cina menjadi sangat sepi juga dipengaruhi oleh efek pandemi. “Memang sudah gak serame dulu, jaman jadi tempat wisata. Cuma sebelum pandemi masih lumayan rame. Ada orang yang belanja, jalan-jalan, foto-foto, atau biasanya kalo Sabtu Minggu gini rame sama yang habis olahraga pada maen kesini,” dia melanjutkan.

Kampung Cina 4.jpg

Saat ini mereka tertolong oleh para penjuang konten yang sering kali ngonten di Kampung Cina. “Sekarang tiap hari selalu ada saja rombongan anak-anak muda, yang bawa-bawa kain sarung pake kaos item gitu. Mereka foto-foto sama bikin video katanya buat tiktokan,” ungkap salah satu pedagang makanan di China Town Cibubur.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.