Sering Cuci Tangan Ini Cara Menjaga Kelembapan Agar Kulit Tidak Kering

Kecantikan dan Fashion

Sering Cuci Tangan? Ini Cara Jaga Kelembapan Agar Kulit Tidak Kering

Untuk mencegah kuman atau virus menyebar, sangat penting untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air. Ini karena sabun menghilangkan lapisan protein yang melindungi virus. Namun, sabun, air panas, dan hand sanitizer dapat melemahkan kelembapan kulit Anda dan menyebabkan kulit kering.

Berikut tanda-tanda tangan kering akibat terlalu sering terkena sabun dan hand sanitizer:

  • Kulit gatal, bersisik atau pecah-pecah
  • Kemerahan yang terlihat, ruam atau bentol
  • Kulit yang terasa kencang atau kasar
  • Sensitivitas meningkat setelah mencuci tangan

Sering Cuci Tangan Ini Cara Menjaga Kelembapan Agar Kulit Tidak Kering

Cuci yang berlebihan dapat membuat tangan Anda terasa kering. Itu karena kulit Anda secara alami mengandung penghalang lipid pelindung yang membantu menjaga kelembapan dan iritasi keluar. Sabun, mencuci tangan, air panas dan bahan-bahan keras seperti alkohol dapat merusak penghalang ini. Ini memungkinkan uap air menguap dari kulit Anda, menyebabkan perasaan kering.

Menggunakan pembersih pH seimbang, air dingin, dan losion tepat setelah Anda membersihkan tangan dapat mengurangi rasa kering tadi. Inilah langkah-langkah mengembalikan kelembapan kulit tangan Anda seperti dilansir dari dermalogica.com (29/6/2020).

[Baca Juga: Dibanding Hand Sanitizer, Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Efektif]

1) Gunakan Pembersih dengan pH Seimbang

Pilih produk pembersih dengan pH seimbang. Produk "bernutrisi" ini mampu membersihkan kulit sekaligus tetap menjaga kelembapannya. Beberapa bahkan memiliki sifat menenangkan. Mengapa pH seimbang? Sabun tradisional cenderung bersifat basa, yang dapat mengganggu penghalang kulit dan memicu kekeringan. Pembersih pH seimbang lebih dekat dengan pH asam kulit.

2. Cuci Tangan Sebelum Makan

2) Cuci Tangan dengan Air Dingin

Air hangat mungkin terasa mantap tetapi dapat membuat kulit lebih mudah kering dan teriritasi. Ini karena lapisan lipid pelindung kulit Anda seperti mentega, bisa meleleh di bawah air hangat. Setelah meleleh, kelembapan di kulit Anda dengan cepat keluar sampai lapisan lipid mengisi sendiri. Seiring bertambahnya usia, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi kembali lemak yang hilang. Jadi jika tangan Anda cenderung kering, hindari membersihkan dengan air hangat. Cuci dengan air dingin atau air suhu ruang.

[Baca Juga: Ini Alasan Kulit Berminyak Tetap Harus Gunakan Pelembap]

3) Oleskan Losion setelah Mencuci Tangan atau Menggunakan Hand Sanitizer

Kulit Anda kehilangan hidrasi dalam 60 detik setelah dicuci. Itulah mengapa penting untuk menggunakan losion atau pelembap ke tangan segera. Ini membantu mencegah kekeringan dan memperkuat penghalang lipid. Cari bahan-bahan seperti ceramides, phytolipids, Glycerin, Aloe dan Hyaluronic Acid.

Bagi mereka yang memiliki tangan yang benar-benar kering, sebaiknya mempertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan ketika bepergian atau bekerja. Selain itu, menggunakan air purifier di kamar tidur di malam hari dapat membantu melembapkan udara dan kulit saat tidur.

Read More

Artikel Lainnya

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.

Walau Dibayangi Pandemi, Pocky Ajak Masyarakat Bersemangat dengan Pocky Day 2020.jpg

Bisnis

Walau Dibayangi Pandemi, Pocky Ajak Masyarakat Bersemangat dengan Pocky Day 2020

27 November 2020, 16:41

Pocky ingin tetap mengajak masyarakat untuk tetap bersemangat dengan berbagi kebahagian di momen Pocky Day 2020

Pemkot Bandung Tekan Kekerasan Pada Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak

Berita Kawasan

Pemkot Bandung Tekan Kekerasan Pada Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak

27 November 2020, 15:37

Puspel PP dan P2KA ini merupakan salah satu program janji politik Wakil Wali Kota Yana Mulyana bersama Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Strategi Bertahan Kota Tangerang di Tengah Pandemi dengan Program PEN

Bisnis

Strategi Bertahan Kota Tangerang di Tengah Pandemi dengan Program PEN

27 November 2020, 14:38

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), ialah salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak COVID-19 terhadap perekonomian.


Comments


Please Login to leave a comment.