Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini .jpg

Kesehatan

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini

Saat makan terlalu cepat atau terlalu banyak minum minuman yang berkarbonasi, kerap kali Anda mengalami cegukan. Karena dirasa menganggu tentu Anda mencari tahu bagaimana cara menghilangkanya, namun kadang Anda juga tak menggubris karena biasanya cegukan bisa hilang seiiring waktu. Cegukan merupakan kondisi yang bisa dialami semua orang.

Cegukan atau istilah medisnya singultus. Cesgukan merupakan kontraksi diafragma yang tiba-tiba dan tidak disengaja. Setiap kontraksi yang terjadi, diikuti oleh penutupan tiba-tiba pita suara, yang menghasilkan suara 'hik' selama cegukan.

Cegukan memang bisa terjadi karena beberapa alasan yang tidak begitu serius. Namun jika cegukan yang Anda alami terjadi secara terus menerus atau tak berhenti dalam jangka waktu yang panjang. Anda patut waspada, pasalnya hal tersebut bisa jadi pertanda adanya suatu penyakit atau kelainan di tubuh Anda.

Mengutip dari boldsky.com (5/6/2020) berikut kondisi medis yang terkait cegukan terus menerus yang patut Anda waspadai:

• Gangguan kardiovaskular seperti, aneurisma aorta (dada atau perut), ablasi kateter dari fibrilasi atrium, infark miokard, perikarditis dan arteritis temporal

• Gangguan Sistem Saraf Pusat atau Disorders of the central nervous system (CNS) yang meliputi, ensefalitis, meningitis, multiple sclerosis, neuromyelitis optica, neoplasma, penyakit Parkinson, kejang, stroke, aneurisma (terutama posterior inferior cerebellar artery), sindrom meduler lateral, syringomyelia dan malformasi vaskuler.

• Gangguan pada THT seperti, batuk, gondok, laringitis, kista leher, neoplasma, dan faringitis.

• Infeksi yang disebabkan oleh helicobacter pylori, herpes simplex, herpes zoster, influenza, malaria, neurosifilis, dan tuberkulosis.

• Gangguan gastrointestinal seperti aerofagia, obstruksi usus, distensi lambung, kanker esofagus, esofagitis, penyakit kandung empedu, distensi lambung, hepatitis, neoplasma, pankreatitis, penyakit maag peptikum, dan volvulus lambung.

• Gangguan metabolisme seperti hipokapnia, hipokalsemia, hipokalemia, hiponatremia, diabetes mellitus, dan uremia.

• Reaksi psikologis termasuk kegembiraan, stres, kesulitan dan hiperventilasi.

• Asma, bronkitis, pneumonia, tumor diafragma, atau hernia, empiema, limfadenopati, mediastinitis, neoplasma, pleuriti, dan emboli paru.

Walaupun umumnya cegukan dalam hilang dengan sendirinya, namun jika cegukan bertahan lebih dari tiga jam, menganggu kebiasaan makan atau tidur Anda dan disertai dengan demam, sesak napas, dan muntah ada baiknya Anda berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.