Sering Dikonsumsi Orang Jepang, Ini Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Kesehatan

Sering Dikonsumsi Orang Jepang, Ini Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Jika Anda sering berkunjung ke restoran yang menjual makanan Jepang, pasti Anda kerap kali menemukan sajian edamame rebus atau kukus. Kacang-kacangan ini memang jadi camilan favorit orang Jepang sejak pada sekitar tahun 700 masehi.

Camilan menyehatkan ini disukai masyarakat Jepang sebagai camilan karena menyehatkan karena mengandung gizi lengkap mulai dari protein, lemak sehat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E dan K, mineral, zat besi, kalium, zinc sampai magnesium. Seperti dilansir dari Indonesia.go.id, kebiasaan makan kedelai sayur dicatat oleh arsip kekaisaran pada periode Heian (794-1185) dan mulai menjadi komersial pada periode Edo (1603-1868).

Sering Dikonsumsi Orang Jepang, Ini Manfaat Edamame untuk Kesehatan 2

Edamame sendiri mulai populer di Indonesia sejak 30 tahun yang lalu, di mana kebutuhan orang Jepang dan ketertarikan budaya Jepang semakin meningkat. beberapa pihak mulai membawa benih edamame dari Jepang untuk ditanam di Indonesia. Kini, Anda bisa menemukan edamame dengan mudah di mana pun. Dengan kandungan yang begitu kaya, melansir dari boldsky.com (3/12/2019) inilah manfaat edamame untuk kesehatan.

3. Kelainan Jantung

1) Bagus untuk Kesehatan Jantung

Edamame mengandung serat dan antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Berdasarkan penelitian, 50 g protein yang dikonsumsi perhari dari kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 3 persen.

Persadia Sosialisasikan Pencegahan Diabetes

2) Mencegah Diabetes

Edamame juga cocok dijadikan camilan karena tidak meningkatkan kadar gula darah. Edamame merupakan kacang-kacangan yang memiliki gula yang rendah. Sehingga aman untuk penderita diabetes.

KEMANG_KESEHATAN_DIET UNTUK TURUN BERAT BADAN TIDAK HARUS MENYIKSA_OCI-01.jpg

3) Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain baik untuk penderita diabetes, edamame juga merupakan sumber serat yang baik dan sangat baik dikonsumsi saat Anda ingin mengatur berat badan. Karena kandungan serat yang tinggi, edamame mampu menekan nafsu makan sehingga Anda bisa mengontrol porsi makan dan memungkinkan Anda mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang lebih sedikit.

[Baca Juga: Ini Dia Jenis-jenis Kacang untuk Diet Sehat]

4 Tanda Kanker Payudara Yang Harus Diketahui Setiap Wanita

4) Mengurangi Risiko Kanker

Isoflavon dalam edamame, disebutkan mampu menurunkan risiko kanker terutama kanker payudara. Isoflavon utama dalam edamame yang disebut genistein, memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, berdasarkan penelitian yang didapatkan dari Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda

5) Sehat untuk Mata

Edamame merupakan sumber vitamin A yang baik. Seperti yang diketahui, vitamin A baik untuk kesehatan mata selain itu kandungan rhodopsin, yang merupakan protein yang ada dalam edamame ini membuat penglihatan Anda lebih bagus dan jernih saat melihat dalam kondisi cahaya yang minim.

[Baca Juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Nabati Protein Tinggi]

Itulah beberapa manfaat edamame untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.