Sering Menggunakan Microwave Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Properti dan Solusi

Sering Menggunakan Microwave? Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Menghangatkan atau memasak makanan ready to cook memang menjadi solusi bagi Anda yang tidak sempat atau sedang malas memasak. Namun, menggunakan microwave ternyata tidak boleh sembarangan, Pointers.

Meski mudah digunakan, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat menggunakan microwave untuk memasak. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tidak bisa Anda lakukan ketika menggunakan microwave agar kegiatan memasak agar tetap aman.

1) Menggunakan Wadah Plastik atau Daur Ulang

Wadah atau piring daur ulang mengandung bahan kimia sintetis yang berbahaya bagi tubuh, oleh karena itu sebaiknya Anda tidak menggunakan piring daur ulang, khususnya ketika memasak dengan menggunakan microwave. Gunakan wadah khusus microwave atau piring tahan panas dan pastikan pintu microwave tertutup dengan rapat ketika beroperasi.

Sering Menggunakan Microwave Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

2) Menggunakan Wadah Logam

Logam jadi salah satu bahan yang tidak ramah dengan microwave. Selain dapat memicu panas berlebih, wadah berbahan logam dapat membuat microwave menjadi lebih cepat rusak hingga memunculkan percikan api. Anda bisa menggunakan wadah berbahan kaca atau keramik yang lebih aman dan ramah dengan microwave.

[Baca Juga: Agar Microwave Anda Awet, Perhatikan Aturan Ini]

3) Meninggalkan Makanan Saat Memasak

Hal Ini jadi salah satu kebiasaan buruk yang sangat sering dilakukan para pengguna microwave. Meski memiliki microwave paling canggih sekalipun, sebaiknya Anda tidak meninggalkan makanan yang sedang dipanaskan, khususnya ketika Anda sedang memasak pop corn yang sering mudah gosong atau terbakar. Terlepas dari hal-hal seperti lalai dan lupa, ada baiknya Anda selalu memperhatikan proses memasak meskipun menggunakan microwave yang memiliki timer sekalipun.

Sering Menggunakan Microwave Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

4) Membiarkan Microwave Kotor

Meski terlihat bersih dari luar, microwave adalah tempat yang potensial menjadi sarang bakteri dan kuman. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda selalu membersihkan microwave seusai digunakan. Cukup mengelapnya dengan lap lembap yang sudah dibasahi air hangat ke seluruh bagian dalam microwave. Jangan lupa untuk gosok bagian pojok yang sulit tersentuh karena bagian tersebut dapat berpotensi menjadi sarang bakteri bekas makanan.

[Baca Juga: Inilah Cara Bersihkan Microwave dengan Mudah]

5) Menghangatkan Semua Jenis Makanan

Pada dasarnya penggunaan microwave hanya sebatas menghangatkan makanan tertentu atau bahan-ready to cook yang tidak memiliki ketentuan khusus untuk memasaknya. Adapun contoh makanan yang sebaiknya tidak Anda masak menggunakan microwave seperti makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti daging, pasta (bumbu pasta) ataupun mi instan kuah karena tidak akan sematang seperti menggunakan kompor.

Selain itu, Jangan pernah sekalipun menggunakan microwave untuk menghangatkan ASI atau susu formula. Panas yang dihasilkan microwave dapat menghancurkan kandungan vitamin dan mineral pada ASI dan susu formula. Lebih buruk lagi, panas microwave sampai mengubah kandungan susu formula menjadi beracun.

Aman karena paham akan menciptakan keamanan ketika memasak. Selalu pelajari setiap kegunaan alat masak yang Anda gunakan agar hasil masakan dapat matang secara sempurna.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 year, 11 months lalu
    suki

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...