Sering Minder Ini Cara Mengatasi Rasa Percaya Diri yang Rendah

Kesehatan

Sering Minder? Ini Cara Mengatasi Rasa Percaya Diri yang Rendah

Rasa tidak percaya diri atau low self esteem seringkali Anda alami karena merasa diri lebih rendah dari orang lain. Padahal, rasa menghargai dan mencintai diri sendiri atau biasa disebut self esteem sangat baik untuk menghilangkan stres berkelanjutan.

Banyak efek buruk jika Anda punya rasa percaya diri rendah dalam kehidupan sehari-hari. Keyakinan akan low self esteem pada diri Anda mampu menciptakan pemikiran negatif terhadap diri sendiri yang memengaruhi perilaku dan pilihan hidup. Orang yang sering minder, dapat menurunkan harga diri sendiri.

[Baca Juga: Ini 5 Jenis Stres dan Cara Mengatasinya]

Melansir dari psychologies.co.uk (22/7/2019), sifat low self esteem pada diri mampu dilenyapkan dengan menggunakan perhatian dari kerabat dekat. Karena tanpa pengaruh negatif dari masa lalu, seseorang selalu punya pilihan untuk memilih dan memulihkan kepercayaan dirinya sendiri.

Maka, berikut lima cara mengatasi perasaan low self esteem menurut pscyhologies.co.uk.

1. Lupakan Masa Lalu

Ketika Anda berhasil melupakan kisah masa lalu yang tak patut untuk dikenang dan mampu fokus untuk menjalani kehidupan sekarang, Anda dapat melenyapkan low self esteem pada diri Anda. Karena biasanya low self esteem seseorang dipengaruhi oleh luka masa lalunya. Jika berhasil melupakan masa lalu, Anda tak akan lagi merasa minder dan khawatir perihal masa depan Anda.

2. Rutin Menulis

Banyak pikiran dan perasaan Anda yang terkunci dalam pikiran bawah sadar, sehingga Anda membutuhkan ruang atau medium untuk mengeluarkannya. Salah satu cara paling mutakhir ialah menulis. Karena dengan menulis, Anda dapat memisahkan ide-ide negatif tentang diri dengan kebenaran tentang siapa Anda sebenarnya.

3. Berlatih Meditasi

Meditasi berarti melepaskan pikiran-pikiran atau perasaan yang sifatnya sementara dan bukan bagian dari diri Anda. Luangkanlah waktu Anda setiap harinya untuk meditasi dengan fokus pada pernapasan dan lepaskanlah kekhawatiran yang Anda alami layaknya melepaskan tarikan nafas panjang.

[Baca Juga: Stres Berkepanjangan Ditempat Kerja? Hati-Hati Burnout]

4. Menghargai Diri Sendiri

Anda sudah seharusnya untuk mencintai diri sendiri. Buatlah diri Anda senyaman mungkin agar pikiran selalu segar dan menghilangkan aura negatif dalam tubuh. Berdamailah dengan diri sendiri sehingga dengan perlahan perasaan rendah diri akan hilang.

5. Membuka Diri

Memang tidak semua orang mampu membuka diri terhadap orang lain. Namun, menutup diri bukanlah jawaban untuk menghilangkan perasaan low self esteem. Beljarlah membuka diri untuk memperbaiki kehidupan sosial dan kesehatan mental, serta menjalani hidup yang bahagia dan penuh makna.

Peran keluarga dan kerabat terdekat juga menjadi kunci agar perasaan minder yang timbul di kepala bisa hilang. Karena Anda layak mendapatkan cinta seperti orang lain. Tunjukan bahwa Anda sanggup menjalani kehidupan dengan kepercayaan diri tanpa adanya rasa minder terhadap diri sendiri.

Read More

Artikel Lainnya

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.


Comments


Please Login to leave a comment.