Sering Mual Ketika Bermain Ponsel di Mobil Ini Penjelasannya

Kesehatan

Sering Mual Ketika Bermain Ponsel di Mobil? Ini Penjelasannya

Membuka ponsel bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika berada di dalam mobil sekalipun. Namun, tidak semua orang merasa nyaman melakukan hal tersebut. Sering kali perut terasa mual ketika mencoba untuk membuka ponsel di dalam sebuah mobil yang sedang berjalan.

Seperti dilansir dari Medical News Today, rasa mual yang muncul ketika kita membuka ponsel di dalam mobil disebut juga dengan digital motion sickness. Biasanya, hal itu terjadi karena ketidakcocokan antara input sensoris di dalam otak.

[Baca Juga: Ini Pemicu Nyeri Otot Hingga Rasa Mual Usai Berolahraga]

Sebagai contoh, misalnya ketika kita berada di dalam mobil yang berjalan, tubuh merasa diam padahal sebetulnya sedang berpindah tempat. Nah, dalam keadaan seperti ini, sistem keseimbangan kita jelas mengalami pergolakan seakan-akan sedang bergerak. Hal inilah yang menipu otak dan membuat keseimbangan indra menjadi terganggu. Ditambah otak kita juga diharuskan fokus dengan gadget yang kita mainkan di dalam mobil. Kapasitas otak akan semakin terbebani dan malah mengira ada yang salah dengan tubuh kita.

Di saat seperti itu, secara otomatis otak akan memberikan perintah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dengan membuat tanda seperti pusing di kepala, perut terasa mual hingga memuntahkan sesuatu yang ada di dalam perut. Jika terjadi seperti itu bagaimana cara mengatasinya?

Sering Mual Ketika Bermain Ponsel di Mobil Ini Penjelasannya

1) Berhenti bermain gadget

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti bermain ponsel. Ini tentu akan membuat tubuh menjadi lebih baik ketimbang harus merasakan mual sepanjang perjalanan. Istirahatkan tubuh dengan memejamkan mata atau mengobrol dengan teman seperjalanan.

[Baca Juga: Jangan Panik, Lakukan Ini Ketika Mobil Mogok di Tengah Jalan]

2) Mengunyah

Cobalah mengunyah permen jika perut terasa mual. Jika tidak ada permen, bisa juga mengonsumsi sesuatu dengan rasa mint atau asam. Mengunyah juga bisa membantu meredakan ketidakcocokan antara keseimbangan tubuh dengan visualisasi dalam ponsel.

3) Melihat Sekeliling

Bukalah jendela mobil dan kemudian nikmatilah pemandangan di sekitar. Hal ini ternyata ampuh untuk mengurangi rasa mual dan membuat otak lebih segar. Kamu juga bisa berhenti sejenak untuk menghirup udara segar. Coba juga untuk mendengarkan musik yang kamu suka agar tubuh menjadi relaks dan siap untuk melanjutkan perjalanan.

Lakukan tiga hal di atas ketika Anda merasa mual di mobil akibat membuka ponsel. Jika memang tidak penting, Anda bisa menghindari penggunaan ponsel pintar ketika berada dalam kendaraan untuk menghindari pusing dan mual. Namun, jika memang harus melakukannya, siapkan permen minta atau asam agar rasa pusing dan mual bisa berkurang. Selamat mencoba, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 3 years lalu
    rine

    qqharian,info game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…