SERUNYA KENANG ERA 1990AN DI TAMASYA MESIN WAKTU

Berita Kawasan

Mengenang Era 1990-an di Tamasya Mesin Waktu

Banyak generasi era 1990-an yang kerap merasa kangen dengan suasana tahun 1990-an. Mulai dari tayangan televisinya, kebiasaan tamasya bersama keluarga sampai dengan cara bergaul dengan teman. Namun kenangan itu tidak lagi jadi angan-angan belaka. Pasalnya, event Tamasya Mesin Waktu yang diadakan di area berjarak 5,2 kilometer dari Bintaro Plaza diklaim dapat mengobati kenangan tersebut.

Event Tamasya Mesin Waktu merupakan hasil kerja sama antara Bintaro Xchange yang menjadi lokasi perhelatan dan Generasi90an. Sekadar informasi, Generasi90an merupakan nama komunitas yang ada untuk mengenang hal-hal yang berkaitan dengan era 90-an dari mulai musiknya sampai benda-bendanya.

Acara Tamasya Mesin Waktu di kawasan Bintaro ini bukan yang pertama kali diadakan. Sebab event ini pernah diadakan pada 2013, 2014, 2017 dan dulu bernama “Festival Mesin Waktu”. Pada 2018 pun event ini kembali diadakan dengan nama Tamasya Mesin Waktu dan Jakarta Aquarium sempat menjadi lokasi perhelatannya sebelum di Bintaro Xchange.

Tamasya Mesin Waktu di Bintaro Xchange sendiri diadakan pada 29 Juli 2018. Event ini banyak dikunjungi oleh para keluarga yang memanfaatkan Tamasya Mesin Waktu sebagai waktu kumpul keluarga sembari mengenang era 1990-an. Menariknya, di acara ini terdapat sejumlah zona yang dapat dipilih oleh para pengunjung untuk berjalan di memory lane tahun 1990-an.

Pertama adalah Zona Main yang di mana terdapat lapangan untuk bermain dan menjadi lokasi untuk mengenalkan permainan tradisional yang terkenal dimainkan pada tahun 1990-an. Di sini juga diperlihatkan gundu, congklak bahkan hingga bebek lilin yang dulu ramai dijual di pasar-pasar malam serta board game seperti halma.

Selain permainan tradisional, permainan yang sedikit modern juga ada di Zona Dingdong. Di sini Anda akan dapat mencoba berbagai permainan elektronik yang menggunakan koin untuk dimainkan, salah satunya adalah mesin Time Crisis. Bagi yang asing dengan permainan satu ini, Time Crisis merupakan judul salah satu game di arcade (nama lain dari tempat bermain dingdong) dengan genre tembak-tembakan atau shooter. Game ini merupakan salah satu judul populer yang kerap dimainkan pada tahun 1996 hingga 2000-an ketika orang-orang berkunjung ke arcade.

Event yang diadakan di Bintaro Xchange ini juga memiliki Zona Museum dan Zona Pop up Karaoke. Sesuai dengan namanya, Zona Museum memamerkan barang-barang yang menjadi ikon di era 1990-an dengan contoh pager. Sedangkan Zona Pop up Karaoke menjadi lokasi favorit para pengunjung yang ingin berdendang lagu-lagu kenangan.

Zona Nonton sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin mengenang acara-acara televisi di era 1990-an. Mulai dari iklan-iklannya, kartun sampai sinetron pun diperlihatkan di sini. Gelak tawa serta sunggingan senyuman pun terkadang diperlihatkan oleh para pengunjung saat mereka melihat berbagai tontonan yang ada di zona ini.

Zona Nyaman dan Zona Jajan menjadi zona yang paling ramai didatangi pengunjung dalam event Tamasya Mesin Waktu yang diadakan di Bintaro Xchange. Khususnya di Zona Jajan, para pengunjung dapat menemukan camilan masa kecil mereka seperti gulali sampai coklat Choyo-Choyo yang pada 1990-an banyak dijual di sekolah-sekolah dasar.

Zona terakhir di event yang diadakan di area yang berjarak 5,2 kilometer dari Bintaro Plaza ini adalah Zona Musik. Sebagaimana dilansir dari Tribun Jakarta, di zona ini dimeriahkan berbagai musisi Indonesia yang terkenal pada era 1990-an seperti Yura Yunita, Band Wayang dan Gleen Fredly. Sekadar informasi, Band Wayang memiliki lagu terkenal yang menjadi hits dan meroketkan nama mereka seperti lagu “Dongeng Sebelum Tidur” dan “Tak Selamanya”.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  12 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.