Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Shabu Shabu, Sukiyaki dan Hotpot

Kuliner

Serupa tapi Tak Sama: Shabu Shabu, Sukiyaki dan Hotpot

Shabu shabu, sukiyaki, dan hotpot, apa saja perbedaanya? Sebagian besar mungkin masih menganggap shabu shabu, sukiyaki dan hotpot sejenis, namun kenyataannya ketiga jenis makanan panas ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Melansir dari beberapa laman sumber seperti matcha-jp.com, Ketiga makanan tersebut memiliki ciri khas-nya masing-masing.

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Ramyeon dan Ramen!]

Bagi Anda yang gemar kuliner Jepang tentunya jangan sampai salah membedakan ketiga makanan lezat ini. Berikut perbedaan antara shabu shabu, sukiyaki dan hotpot versi PingPoint.co.id.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Shabu Shabu, Sukiyaki dan Hotpot

Biasanya shabu sabu terdiri dari daging sapi. Namun sekarang shabu shabu bukan hanya terdiri dari daging sapi saja, tapi juga ayam, seafood, dan babi. Kemudian, daging-daging tersebut disantap dengan ragam varian sayur seperti daun bawang, sawi putih, wortel, lobak, dan beragam jenis jamur. Shabu shabu ini sebenarnya bisa dibilang merupakan hotpot khas Jepang. Mengapa? Berikut penjelasan tentang hotpot di bawah ini.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Shabu Shabu, Sukiyaki dan Hotpot

Hotpot sendiri sebenarnya berasal dari China lebih dari 1000 tahun lalu. Hotpot merupakan cara memasak dengan bahan-bahan seperti daging tipis dan sayur-sayuran yang di celupkan ke dalam air mendidih. Hotpot di China sendiri juga memiliki ragam rasa kaldu dan kuah yang berbeda. Jenis hotpot yang paling terkenal adalah Sichuan hotpot dan Beijing mutton hotpot. Sichuan hotpot memiliki rasa yang pedas, sementara Beijing mutton hotpot dibuat dari daging domba dan rempah sehingga rasanya lebih kuat dan gurih.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Shabu-Shabu, Sukiyaki dan Hotpot

Lantas apa perbedaan hotpot dan shabu shabu dengan suki? Suki atau sukiyaki pada dasarnya merupakan masakan yang berbahan dasar daging dan juga menggunakan hotpot. Namun, biasanya sukiyaki memiliki isian yang lebih beragam seperti mi shirataki, misalnya. Selain itu, daging sukiyaki biasanya dimasak hingga matang, baik dengan cara direbus atau pun dipanggang, tidak seperti shabu shabu yang hanya dimasak sebentar dalam air panas.

[Baca Juga: Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil]

Jadi, meskipun kelihatannya sama, shabu shabu, hotpot, dan sukiyaki merupakan tiga masakan yang berbeda. Perbedaannya terletak di cara memasak, topping, dan jenis kaldu atau saus yang digunakan.

Dari ketiga jenis masakan ini, mana yang paling Pointers suka?


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.