Sesak Dengan Hiruk Pikuk Jakarta Yuk, Berwisata Ke 4 Desa Ini

Berita Kawasan

Sesak Dengan Hiruk Pikuk Jakarta? Yuk, Berwisata Ke 4 Desa Ini

Sebentar lagi sudah waktunya liburan Natal dan Tahun Baru, cuti pun akan segera diperbaharui. Untuk Anda yang masih memiliki jatah cuti, manfaatkan hari libur tersebut untuk liburan. Melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuknya Ibu Kota.

Tak perlu liburan mewah yang butuh biaya besar, Anda bisa mengunjungi desa-desa di Indonesia yang memiliki keindahan dan keunikannya. Suasana pedesaan mungkin bisa menenangkan Anda dari kesibukan pekerjaan dan biaya yang dikeluarkan juga tak besar.

[Baca Juga: Selain Bali, Ini 4 Destinasi Pantai untuk Bulan Madu Warga Jakarta]

Toh, keindahan Indonesia tidak hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau bahkan Denpasar. Mengeksplorasi Indonesia berarti menjelajahi Indonesia hingga ke desa-desa yang tidak kalah eksotis menyuguhkan keaslian budaya dengan keramahtamahan masyarakatnya. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pun setuju bahwa desa-desa di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menarik wisatawan.

Melansir dari rilis yang diberikan RedDoorz kepada Pingpoint (13/11/2019) tidak heran jika, Kemenpar menargetkan 2.000 desa dapat dikembangkan menjadi desa wisata. Maka dari itu, berikut lima pilihan desa yang bisa Anda kunjungi pada liburan akhir tahun nanti.

Berwisata Ke 4 Desa Ini Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur

1) Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur

Desa Wae Rebo merupakan desa tradisional yang terletak di sebuah kawasan terpencil, letaknya tepat di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Desa ini dikelilingi oleh perbukita hijau yang menenangkan dan kabut yang menutupi desa.

Untuk mencapai desa ini, Anda haru melakukan pendakian karena letaknya yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Selain itu, rumah adat yang masih asli memberikan kesan unik saat berkunjung ke desa ini. Tak heran UNESCO menerapkan Desa Wae Rebo sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 2013 lalu.

Berwisata Ke 4 Desa Ini Desa Mentawir, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara

2) Desa Mentawir, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara

Desa selanjutnya berada di Pulau Kalimantan. Desa Mentawir menyimpan sejuta potensi wisata, misalnya hutan mangrove yang jadi habitat fauna khas Kalimantan seperti Pesut Etam. Lalu juga ada hutan bambu yang panjangnya sekitar 4 kilometer. Lokasi desa ini pun tak terlalu jauh dari Kota Balikpapan, hanya dua jam waktu tempuh.

Pemerintah setempat juga giat untuk menggalakkan industri kreatif rumah tangga yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh usai berlibur di desa ini, misalnya sirup dari buah pidada atau buah mangrove sebagai buah tangan wisatawan yang berkunjung.

Berwisata Ke 4 Desa Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta

3) Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta

Desa yang terletak di Yogyakarta ini telah menjadi desa wisata sejak 1970-an, karena saat itu ada Seniman asal Yogya Sapto Hudoyo yang membantu mengembangkan desa dengan membina masyarakatnya yang sebagian besar pengrajin gerabah.

Hasil kerajinan tersebut telah diekspor ke mancanegara seperti Eropa dan Amerika. Biasanya desa ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Kawasan wisata ini dapat dijadikan kawasan wisata edukasi dengan mempelajari, bagaimana membuat gerabah yang baik dan benar.

Berwisata Ke 4 Desa Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur

4) Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur

Sedikit ke arah timur Jawa, Anda bisa menemukan Desa Pujon Kidul adalah salah satu destinasi unggulan di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Desa ini juga dijadikan sarana edukasi bagi masyarakat dan wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang berbau alam seperti memetik sayur, pengolahan susu, wahana outbond, air terjun dan wisata alam lainnya.

Desa Pujon Kidul dikelilingi perbukitan yang menjadikan udara di desa sejuk, kemudian Anda akan melihat bentangan keindahan pemandangan sawah yang hijau dan menarik dijadikan tempat foto.

[Baca Juga: Rencanakan Libur Akhir Tahun Meski Singkat]

Itulah beberapa desa yang bisa Anda kunjungi saat liburan akhir tahun. Yuk, rasakan liburan yang berbeda di akhir tahun 2019 ini!

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.