Setelah B2B, Perusahaan Kari Jepang Ini Rambah B2C

Bisnis

Setelah B2B, Perusahaan Kari Jepang Ini Rambah B2C

Kari Jepang memiliki cita rasa yang berbeda dibandingkan kari khas Indonesia atau India. Sehingga tidak heran bagi orang-orang yang menggemari kuliner khas Negeri Sakura, mereka ingin menikmati rasa kari Jepang yang benar-benar otentik. Perusahaan House yang memiliki produk bumbu kari Jepang siap saji pun mendengar keinginan para konsumennya, oleh karena itulah perusahaan itu pun mulai mencoba menerapkan strategi bisnis business to consumer atau B2C.

Setelah merambah pasar di luar Negeri Sakura, brand House pun hadir di Indonesia. Tujuan utama dari brand ini melalui produknya yakni House Kari ala Jepang Curry Sauce Mix adalah mengenalkan khalayak umum di Tanah Air mengenai kenikmatan kari Jepang, khususnya yang halal.

Setelah B2B, Perusahaan Kari Jepang Ini Rambah B2C

“Masih banyak orang Indonesia yang belum tahun kalau Jepang juga memiliki kari. Kalau dari sejarahnya sendiri, kari ini memang berasal dari India tapi tidak secara langsung. Jadi dari India kemudian ke Inggris, baru ke Jepang. Jadi kita, kari yang berasal dari perusahaan Jepang pertama yang masuk ke Indonesia yang halal ingin mengenalkannya ke masyarakat,” tutur Marketing Assistans Manager House Chatarina Nilamsari kepada Pingpoint.co.id dalam acara Ennichisai Blok M 2019, Jakarta Selatan (22/6/2019).

[Baca Juga: Kenalkan Sirup Yuzu, UMKM Jepang Ini Hadir di Ennichisai Blok M]

Berdasarkan penjelasan dari Chatarina, perusahaan House baru masuk ke pasar di Indonesia pada tahun 2016 yang di mana fokusnya ada business to business atau B2B. Kemudian pada tahun 2017, target pasarnya pun beralih ke restoran yang memiliki menu kari Jepang.

“Kita pakai distributor dan distributor ini ada di satu (seluruh-red) Indonesia ada. Di Jabodetabek sendiri ada di Lotte Grosir, di Ranch Market beberapa tempat, Grand Lucky, sama di AEON. Kita produknya baru satu, karena kita memang ingin menaikan awareness Jepang itu punya kari,” ucapnya.

Namun perusahaan House pun mulai melirik B2C, mengingat saat ini produknya ditujukan untuk disajikan sekira 50 porsi dan untuk pasar langsung ke konsumen yang ingin sekadar mencobanya, ini dipandang kurang efektif. “Ke depannya kita akan tambah lagi produk yang spicy, kan orang Indonesia suka yang pedas. (Selain itu-red) produk yang lebih kecil, karena kan kita baru yang B2B ukuran satu kilogram, nah nanti kita launching produk yang kecilnya,” ungkap Chatarina.

[Baca Juga: Antusias Penggemar Anime Berburu Merchandise di Ennichisai 2019]

Saat ini untuk semakin mengenalkan produk House, perusahaan bumbu kari Jepang siap saji itu kerap melakukan pemasaran via media sosial dan acara seperti Ennichisai Blok M. Namun dalam waktu dekat, perusahaan House sedang mempersiapkan proyek selanjutnya untuk para follower-nya serta orang-orang yang penasaran dengan produknya.

“Kita nanti ada limited edition yang porsi kecil di bulan Juli 2019 kita launching. Produk ready cook ini bisa untuk dua sampai tiga porsi dan dijual selama enam bulan untuk test pasar. Range harganya juga masih terjangkau, yaitu Rp5.000 - Rp20.000,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.