Setelah Bangladesh, Ada Lagi Kunjungan Filipina ke Puskesmas Harjamukti

Kesehatan

Setelah Bangladesh, Ada Lagi Kunjungan Filipina ke Puskesmas di Depok

Upaya pemerintah dalam program KB masih terus dijalankan di berbagai pelayanan kesehatan, termasuk di Puskesmas Harjamukti, Depok. Sebelumnya, masih di daerah Depok tepatnya di Puskesmas Sawangan juga mendapatkan kunjungan dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga, Bangladesh pada 30 Juli 2019.

Sudah 75 persen masyarakat kelurahan Harjamukti melakukan program KB yang masih menggunakan pil atau suntik. Program KB yang dijalankan puskesmas Harjamukti ini telah dilirik para pejabat dari pemerintah dan organisasi di Filipina sehingga datang ke tempat itu.

Setelah Bangladesh, Ada Lagi Kunjungan Filipina ke Puskesmas Harjamukti

Pada 31 Juli 2019, rombongan dari negara tersebut berkunjung ke Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Harjamukti. Mereka bermaksud datang untuk mempelajari pengelolaan program Keluarga Berencana (KB) yang dilakukan satuan pelayanan kesehatan.

[Baca Juga: Kementerian Bangladesh Penasaran Program KB Puskesmas Sawangan]

Melansir laman depok.go.id (01/08/2019), Kepala UPF Puskesmas Harjamukti Rahma Dewi menyambut hangat rombongan tersebut. Dirinya merasa tersanjung, puskesmas yang dipimpinnya menjadi salah satu unit pelayanan yang dikunjungi sejumlah pejabat di Filipina. Kunjungan tersebut saling berbagi informasi terkait program KB. “Alhamdulillah, menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus motivasi bagi kami meningkatan pelayanan. Tadi kita tidak hanya pemaparan satu arah, namun saling berbagi informasi terkait pengelolaan KB di Filipina,” katanya usai menerima kunjungan pejabat Filipina di Puskesmas Harjamukti.

Setelah Bangladesh, Ada Lagi Kunjungan Filipina ke Puskesmas Harjamukti

Rahma menuturkan, pelaksanaan KB di Kelurahan Harjamukti sendiri mencapai angka 75 persen. Mayoritas masyarakat masih menggunakan pil atau suntik. Padahal, Puskesmas Harjamukti juga menyediakan alat kontrasepsi lainnya yang lebih aman digunakan pasien, seperti KB spiral atau kontrasepsi Intrauterine Device (IUD). “Ke depan kami dorong penggunaan KB spiral atau kontrasepsi Intrauterine Device (IUD). Karena secara kesehatan juga lebih aman,” tuturnya.

[Baca Juga: Mengenal Program Kampung KB untuk Kesejahteraan Masyarakat]

Sementara itu, Deputy Executive Director Commission on Population, Lolito R. Tacardon memberikan apresiasi terhadap UPF Puskesmas Harjamukti. Dirinya menilai pelayanan kesehatan masyarakat tingkat kelurahan ini sangat bagus dan dikelola dengan profesional. Ia pun berharap dapat diimplementasikan di negaranya.

“Saya terkesan karena pelayanannya komprehensif. Fasilitasnya juga cukup bagus, semoga apa yang kita dapatkan hari ini, baik pelayanan secara umum maupun tentang pengelolaan KB dapat diimplementasikan di negara saya,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.