Setelah Diisolasi, 2 Pasien COVID-19 Sudah Dinyatakan Sembuh

Kesehatan

Setelah Diisolasi, 2 Pasien Corona Sudah Dinyatakan Sembuh

Kabar menggembirakan muncul di tengah meluasnya wabah COVID-19 akibat Virus Corona di tanah air. Pasalnya, dua pasien yang sebelumnya positif terinfeksi virus asal Wuhan, China tersebut dinyatakan sembuh. Dua pasien itu adalah pasien 06 dan pasien 14 tidak lagi menunjukkan gejala penyakit dan hasil tes negatif dari virus dengan kode SARS-CoV-2 tersebut.

"Ada beberapa hal yang membahagiakan kita. Bahwa kasus 06, saat ini sudah masuk hari kelima pemeriksaan dan hasilnya (pemeriksaan laboratorium) sudah negatif," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona dr. Achmad Yurianto yang kerap disapa Yuri kepada wartawan di Jakarta (11/3/2020).

[Baca Juga: Terkait Corona, 5 Sekolah Internasional di Jakarta Meliburkan Diri]

Sementara itu, berdasarkan pemeriksaan laboratorium, kondisi kesehatan pasien 14 berangsur membaik setelah di hari ketiga perawatan hasil tes menyatakan negatif. Menurut Yuri, tim medis saat ini tengah mengedukasi untuk persiapan pulang kedua pasien tersebut.

Meski sudah dinyatakan sembuh setelah dua kali melewati hasil pemeriksaan Laboratorium, tapi dua pasien tersebut masih akan tetap diawasi secara intens. Mereka diminta melakukan self isolted atau tindakan isolasi yang dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. Selain itu, kedua pasien tersebut juga wajib membatasi diri dari kontak sosial dalam jarak dekat serta wajib menggunakan masker dan tidak menggunakan alat minum bersama.

Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Hal itu dilakukan agar mantan pasien tersebut tidak terjangkit virus Corona kembali. Sebab di beberapa kasus seperti di Jepang, salah seorang perempuan yang bekerja sebagai pemandu bus wisata berusia 40-an tahun telah terinfeksi Virus Corona untuk kedua kalinya setelah sebelumnya dinyatakan sembuh dan negatif COVID-19.

Untuk diketahui, pasien 06 diduga terinfeksi Corona saat bertugas di kapal pesiar Diamond Princess yang sempat tertahan di perairan Yokohma, Jepang. Pasien berusia 36 tahun itu pun akhirnya mendapatkan pemeriksaan di RS Persahabatan, Jakarta Timur.

Sedangkan pasien 14 adalah pasien COVID-19 yang telah berada di ruang isolasi selama tiga hari. Dia adalah laki-laki berusia 50 tahun yang diduga terinfeksi Corona saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

[Baca Juga: Ramai Virus Corona, Ace Hadirkan Produk Air Purifier & Sterilizing Water]

Berita gembira ini menyusul kabar kasus kematian pertama dari pasien Covid-19. Sebelumnya Yuri mengabarkan, pasien dari kasus 25. "Tadi malam pukul 02.00 WIB lewat sedikit, pasien identitas nomor 25 meninggal dunia," ujar juru bicara tersebut dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Dia menambahkan, pasien tersebut merupakan perempuan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.