Setelah Diisolasi, 2 Pasien COVID-19 Sudah Dinyatakan Sembuh

Kesehatan

Setelah Diisolasi, 2 Pasien Corona Sudah Dinyatakan Sembuh

Kabar menggembirakan muncul di tengah meluasnya wabah COVID-19 akibat Virus Corona di tanah air. Pasalnya, dua pasien yang sebelumnya positif terinfeksi virus asal Wuhan, China tersebut dinyatakan sembuh. Dua pasien itu adalah pasien 06 dan pasien 14 tidak lagi menunjukkan gejala penyakit dan hasil tes negatif dari virus dengan kode SARS-CoV-2 tersebut.

"Ada beberapa hal yang membahagiakan kita. Bahwa kasus 06, saat ini sudah masuk hari kelima pemeriksaan dan hasilnya (pemeriksaan laboratorium) sudah negatif," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona dr. Achmad Yurianto yang kerap disapa Yuri kepada wartawan di Jakarta (11/3/2020).

[Baca Juga: Terkait Corona, 5 Sekolah Internasional di Jakarta Meliburkan Diri]

Sementara itu, berdasarkan pemeriksaan laboratorium, kondisi kesehatan pasien 14 berangsur membaik setelah di hari ketiga perawatan hasil tes menyatakan negatif. Menurut Yuri, tim medis saat ini tengah mengedukasi untuk persiapan pulang kedua pasien tersebut.

Meski sudah dinyatakan sembuh setelah dua kali melewati hasil pemeriksaan Laboratorium, tapi dua pasien tersebut masih akan tetap diawasi secara intens. Mereka diminta melakukan self isolted atau tindakan isolasi yang dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. Selain itu, kedua pasien tersebut juga wajib membatasi diri dari kontak sosial dalam jarak dekat serta wajib menggunakan masker dan tidak menggunakan alat minum bersama.

Pemprov DKI Siapkan 125 Kamar Isolasi Bagi Pasien COVID-19

Hal itu dilakukan agar mantan pasien tersebut tidak terjangkit virus Corona kembali. Sebab di beberapa kasus seperti di Jepang, salah seorang perempuan yang bekerja sebagai pemandu bus wisata berusia 40-an tahun telah terinfeksi Virus Corona untuk kedua kalinya setelah sebelumnya dinyatakan sembuh dan negatif COVID-19.

Untuk diketahui, pasien 06 diduga terinfeksi Corona saat bertugas di kapal pesiar Diamond Princess yang sempat tertahan di perairan Yokohma, Jepang. Pasien berusia 36 tahun itu pun akhirnya mendapatkan pemeriksaan di RS Persahabatan, Jakarta Timur.

Sedangkan pasien 14 adalah pasien COVID-19 yang telah berada di ruang isolasi selama tiga hari. Dia adalah laki-laki berusia 50 tahun yang diduga terinfeksi Corona saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

[Baca Juga: Ramai Virus Corona, Ace Hadirkan Produk Air Purifier & Sterilizing Water]

Berita gembira ini menyusul kabar kasus kematian pertama dari pasien Covid-19. Sebelumnya Yuri mengabarkan, pasien dari kasus 25. "Tadi malam pukul 02.00 WIB lewat sedikit, pasien identitas nomor 25 meninggal dunia," ujar juru bicara tersebut dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Dia menambahkan, pasien tersebut merupakan perempuan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.