Setelah Listrik 24 Jam, Sentra Garam Siap Dibangun di Pulau Sebira

Bisnis

Setelah Listrik 24 Jam, Sentra Garam Siap Dibangun di Pulau Sebira

Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Provinsi DKI Jakarta berencana akan membangun sentra garam di Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Pelaksana Tugas (Plt) Dinas PE DKI Jakarta Riski Marojahan Mulia mengatakan, tahun ini pihaknya akan melakukan kajian, sementara untuk pembangunan sentra garam skala kecil akan dilakukan tahun depan di area berdekatan dengan Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

"Industri garam ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat secara langsung. Apalagi, Pulau Sebira merupakan penghasil ikan asin selar. Kita bangun skala kecil, namun jika nanti dibutuhkan banyak skalanya bisa dibesarkan lagi," ujar Riski seperti dilansir dari pulauseribu.jakarta.go.id (22/04/2019).

Setelah Listrik 24 Jam, Sentra Garam Siap Dibangun di Pulau Sebira

Sementara itu, Kepala Sudin PE Kepulauan Seribu Melinda Sagala menambahkan, pihaknya sudah melakukan uji coba untuk mengenal jenis airnya. “Ternyata tingkat garam di Pulau Seribu itu sangat bagus, bahkan bisa terbentuk kristal garam tiga hari dengan teknologi plastik isolator yang nanti dikembangkan. Jadi sangat layak Pulau Sebira dijadikan lumbung garam," pungkasnya.

[Baca Juga: Dinas KPKP DKI Jakarta Serahkan 3.123 Kartu Asuransi Bagi Nelayan]

Rencana ini bisa dilangsungkan setelah Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta merealisasikan kehadiran listrik 24 jam di Pulau Sebira. "Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok warga, mereka memanfaatkan keberadaan listrik 24 jam untuk menjalankan usaha mereka," ujar Riski pada kesempatan yang sama.

Riski menjelaskan, listrik tersebut akan dimanfaatkan warga untuk jenis usaha pengepakan ikan dan hasil olahan serta pembuatan es batu (frezer) untuk mendinginkan ikan agar awet. Selain itu, listrik juga dibutuhkan untuk kebutuhan belajar mengajar sekolah dan rumah-rumah warga, serta komputer untuk administrasi kantor puskesmas, PTSP, dan sekolah.

[Baca Juga: Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat]

"Jadi listrik ini juga untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah singgah kabupaten jika sewaktu-waktu ada kunjungan kerja dan tamu yang hendak menginap," jelasnya.

Menanggapi hal ini, salah satu warga Pulau Sebira Syarifudin mengaku, kehadiran listrik 24 jam ini sangat membantu warga mendukung usahanya, terutama dalam membuat es batu untuk mendinginkan ikan hasil tangkapan. "Ikan hasil tangkap kita tampung di boks dan didinginkan dengan es batu dari frezer, sebelum dijual ke darat, bersyukur kita ada listrik 24 jam ini," katanya.

[Baca Juga: Tilik Kelengkapan Kios di Sentra Ikan Hias Raden Inten]

Seperti diketahui, pusat listrik tenaga diesel (PLTD) Pulau Sebira milik Suku Dinas Perindustrian dan Energi Kepulauan Seribu, sebelumnya hanya beroperasi dari sore hingga pagi hari saja, namun sejak Januari 2019 sudah menyala 24 jam sehari.

Read More

Artikel Lainnya

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir

Berita Kawasan

Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir dari Masa ke Masa

22 October 2019, 20:00  |  5 Views

Stasiun Gambir dulunya halte kereta api yang menghubungkan kawasan Gambir dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Stasiun ini pernah direnovasi besar-besaran.

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai Pada Desember 2019

Berita Kawasan

Flyover RE Martadinata Ditargetkan Selesai pada Desember 2019

22 October 2019, 19:00  |  5 Views

Wali Kota Bogor baru-baru ini meninjau proyek flyover RE Martadinata dan optimistis kalau jalan layang ini dapat rampung sesuai target.

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik

Kesehatan

Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?

22 October 2019, 18:00  |  5 Views

Ternyata terdapat penjelasan secara ilmiah yang memicu orang berjalan bolak-balik ketika sedang berbicara di telepon, khususnya ponsel.

Garena Bagi-Bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event, Oktober 2019

Berita Kawasan

Garena Bagi-bagi Hadiah di Call Of Duty Halloween Special Event

22 October 2019, 17:00  |  7 Views

Menyambut perayaan Halloween, Garena tidak hanya bagi-bagi hadiah namun merespons baik keinginan komunitas CODM dengan baik di Oktober 2019 ini.


Comments


Please Login to leave a comment.