Setelah Menjalani Revitalisasi, Ini Wajah Baru Kawasan Suryakencana

Berita Kawasan

Setelah Menjalani Revitalisasi, Ini Wajah Baru Kawasan Suryakencana

Sudah berbulan-bulan lamanya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengadakan proyek revitalisasi akses bagi pejalan kaki atau pedestrian di kawasan Jalan Suryakencana. Di mana langkah ini dipandang dapat membuat para wisatawan serta masyarakat yang mengunjunginya jadi lebih merasa nyaman dengan kondisi kawasan yang telah tertata rapi. Baru-baru ini Wali Kota Bogor Bima Arya memperlihatkan foto yang menunjukkan bagaimana perkembangan dari proses revitalisasi ini yang ternyata mampu memberikan kesan “wajah” baru terhadap kawasan Suryakencana.

Foto suasana dari kawasan Suryakencana setelah mengalami penataan diunggah Bima Arya di akun media sosial Instagram miliknya. Menariknya, ia tak hanya mengunggah satu foto saja tapi lima foto yang menggambarkan bagaimana kondisi Jalan Suryakencana sebelum dan sesudah mengalami proses revitalisasi.

Setelah Menjalani Revitalisasi, Ini Wajah Baru Kawasan Suryakencana

Pebandingannya pun memang terlihat cukup jauh. Pasalnya, kondisi yang tak tertata serta kumuh dan terkesan carut-marut, berubah menjadi tertata bahkan semakin menguatkan kawasan Suryakencana sebagai kawasan wisata yang layak untuk dikunjungi. Apalagi kawasan ini memang dikenal sebagai area pecinan atau Chinatown di Kota Hujan dengan berbagai sajian kuliner yang khas dan menjadi daya tarik untuk para wisatawan dari dalam luar Kota Bogor.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

“Normalisasi ruang publik terus berlanjut. Alhamdulillah Jalan Bata dan tujuh koridor penghubung Jalan Suryakencana dan Jalan Roda yang tadinya kumuh dan penuh bangunan liar, kini sudah nyaman dan aman dilewati warga. Insya Allah bulan depan Jalan Bata dan sebagian dari koridor ini akan ditata jadi tempat kuliner yang nyaman,” ungkap Wali Kota Bogor itu melalui akun @bimaaryasugiarto (5/1/2020).

Pada unggahan itu, Bima Arya juga membahas mengenai nasib dari para pedagang yang sempat kesulitan berjualan atau kehilangan lapaknya ketika proyek revitalisasi di kawasan Suryakencana dilakukan. “Relokasi dari kuliner legendaris yang ada di trotoar Jalan Suryakencana. Kecuali bangunan liar, tidak ada pedagang yang digusur. Semua direlokasi ke tempat yang lebih baik dan nyaman,” tulisnya.

[Baca Juga: Bima Arya Sidak Proyek Pedestrian di Jalan Suryakencana]

Perihal relokasi usai revitalisasi kawasan Suryakencana, ada sekitar 89 pedagang disebut akan ditempatkan di Plaza Bogor untuk sementara. Nantinya, setelah proyek mempercantik area pejalan kaki di Jalan Surya Kencana, Jalan Bata, serta tujuh koridor Gang Roda rampung sepenuhnya, para pedagang akan diberikan lapak di pusat kuliner yang berada di kawasan ini.

“Kalau fasilitas sarana prasarana dari PT. Sinar Sosro sudah selesai di akhir Januari nanti, 15 pedagang kuliner Surken (Surya Kencana) akan masuk ke Jalan Bata ditambang 24 pedagang kuliner dari luar Surken, dan 18 pedagang disebar di tujuh koridor sementara sisanya menetap di Plaza Bogor,” jelas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Samson Purba, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (3/1/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.