Setelah Menjalani Revitalisasi, Ini Wajah Baru Kawasan Suryakencana

Berita Kawasan

Setelah Menjalani Revitalisasi, Ini Wajah Baru Kawasan Suryakencana

Sudah berbulan-bulan lamanya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengadakan proyek revitalisasi akses bagi pejalan kaki atau pedestrian di kawasan Jalan Suryakencana. Di mana langkah ini dipandang dapat membuat para wisatawan serta masyarakat yang mengunjunginya jadi lebih merasa nyaman dengan kondisi kawasan yang telah tertata rapi. Baru-baru ini Wali Kota Bogor Bima Arya memperlihatkan foto yang menunjukkan bagaimana perkembangan dari proses revitalisasi ini yang ternyata mampu memberikan kesan “wajah” baru terhadap kawasan Suryakencana.

Foto suasana dari kawasan Suryakencana setelah mengalami penataan diunggah Bima Arya di akun media sosial Instagram miliknya. Menariknya, ia tak hanya mengunggah satu foto saja tapi lima foto yang menggambarkan bagaimana kondisi Jalan Suryakencana sebelum dan sesudah mengalami proses revitalisasi.

Setelah Menjalani Revitalisasi, Ini Wajah Baru Kawasan Suryakencana

Pebandingannya pun memang terlihat cukup jauh. Pasalnya, kondisi yang tak tertata serta kumuh dan terkesan carut-marut, berubah menjadi tertata bahkan semakin menguatkan kawasan Suryakencana sebagai kawasan wisata yang layak untuk dikunjungi. Apalagi kawasan ini memang dikenal sebagai area pecinan atau Chinatown di Kota Hujan dengan berbagai sajian kuliner yang khas dan menjadi daya tarik untuk para wisatawan dari dalam luar Kota Bogor.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

“Normalisasi ruang publik terus berlanjut. Alhamdulillah Jalan Bata dan tujuh koridor penghubung Jalan Suryakencana dan Jalan Roda yang tadinya kumuh dan penuh bangunan liar, kini sudah nyaman dan aman dilewati warga. Insya Allah bulan depan Jalan Bata dan sebagian dari koridor ini akan ditata jadi tempat kuliner yang nyaman,” ungkap Wali Kota Bogor itu melalui akun @bimaaryasugiarto (5/1/2020).

Pada unggahan itu, Bima Arya juga membahas mengenai nasib dari para pedagang yang sempat kesulitan berjualan atau kehilangan lapaknya ketika proyek revitalisasi di kawasan Suryakencana dilakukan. “Relokasi dari kuliner legendaris yang ada di trotoar Jalan Suryakencana. Kecuali bangunan liar, tidak ada pedagang yang digusur. Semua direlokasi ke tempat yang lebih baik dan nyaman,” tulisnya.

[Baca Juga: Bima Arya Sidak Proyek Pedestrian di Jalan Suryakencana]

Perihal relokasi usai revitalisasi kawasan Suryakencana, ada sekitar 89 pedagang disebut akan ditempatkan di Plaza Bogor untuk sementara. Nantinya, setelah proyek mempercantik area pejalan kaki di Jalan Surya Kencana, Jalan Bata, serta tujuh koridor Gang Roda rampung sepenuhnya, para pedagang akan diberikan lapak di pusat kuliner yang berada di kawasan ini.

“Kalau fasilitas sarana prasarana dari PT. Sinar Sosro sudah selesai di akhir Januari nanti, 15 pedagang kuliner Surken (Surya Kencana) akan masuk ke Jalan Bata ditambang 24 pedagang kuliner dari luar Surken, dan 18 pedagang disebar di tujuh koridor sementara sisanya menetap di Plaza Bogor,” jelas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Samson Purba, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (3/1/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.