Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

Seperti yang sudah diwartakan sebelum, saat ini Kota Surabaya tengah menggelar perayaan Hari Jadinya ke-729 melalui berbagai event. Di mana salah satunya adalah festival kuliner yang menjadi khas HUT Kota Surabaya, yaitu Festival Rujak Uleg yang sempat vakum selama dua tahun terakhir akibat pandemi. Sehingga tak heran bila warga Suroboyo sudah banyak yang rindu dengan berbagai kreasi serta rasa dari sajian rujak uleg yang dihadirkan dalam festival. Kerinduan itu pun siap terobati dengan pengumuman bahwa Festival Rujak Uleg siap digelar pada akhir pekan ini.

Festival kuliner ini jika sesuai rencana akan digelar di Jalan Kembang Jepun Kota Surabaya pada 22 Mei 2022 dengan melibatkan ratusan peserta festival. Selain itu tak lupa juga para pelaku usaha makanan dan minuman asli Kota Pahlawan, khususnya yang menjajakan rujak cingur akan turut hadir dan menawarkan produknya bagi para pengunjung event ini. Menariknya, berbeda dengan Festival Rujak Uleg sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memutuskan untuk menggelarnya di waktu malam hari.

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan In i - Copy.jpg

“Salah satu yang berbeda dari Rujak Uleg kali ini adalah digelar pada malam hari, suasananya biar lebih romantis juga,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (17/5/2022).

Secara umum, Festival Rujak Uleg tahun-tahun sebelumnya biasanya digelar pada pagi dan sore hari tapi bagi Pemkot Surabaya terdapat tujuan mengapa momen malam hari dipilih untuk akhir pekan ini. Menurut Wiwiek, pihaknya memiliki konsep besar dalam rangka branding Kota Tua di wilayah Surabaya Utara untuk menghidupkan kembali pariwisata di wilayah ini, khususnya di kawasan pecinan Kya-Kya.

[Baca Juga: Ayam Bumbu Laos di Kedai Ayam Uleg Cak Abid Bikin Perut Lapar Terus]

Selain itu Pemkot Surabaya juga memiliki alasan tersendiri memilih pelaku usaha UMKM rujak cingur untuk dilibatkan dalam festival ini. Di mana ini tak terlepas identitas kuliner tradisional itu yang melekat erat dengan identitas Kota Pahlawan. “Karena rujak cingur sudah kami ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda, maka kami lestarikan setiap tahunnya,” tambahnya. Tak lupa Wiwiek juga menegaskan bahwa faktor protokol kesehatan tetap menjadi bagian dari penyelenggaraan Festival Rujek Uleg nanti dan ini terlihat dari jumlah kapasitas pengunjungnya yang nanti dibatasi hanya 75 persen saja.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.