diplomasi1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Setelah Viral, Diplomasi Budaya Batik Ridwan Kamil Disambut Korea Selatan

Setelah Yesung dan Leeteuk Super Junior mengunggah foto mengenakan batik karya Gubernur Jawa Barat dan menjadi viral, Ridwan Kamil mengambil langkah serius untuk menindaklanjuti hal positif ini. Dalam laman jabarprov.go.id, Ridwan Kamil mengatakan bahwa batik yang dikenakan oleh kedua personil Super Junior tersebut merupakan diplomasi budaya.

Hal tersebut disambut baik oleh media dan publik di Korea Selatan. Salah satu agensi berita online terbesar di Korea Selatan, Naver Corporation (news.naver.com) menyoroti inisiasi Kang Emil untuk menjadikan batik sebagai bentuk diplomasi antara Indonesia dan Korea Selatan.

suju.jpg

News.naver.com yang merupakan kanal berita berbahasa Korea merilis artikel tentang batik rancangan Ridwan Kamil dengan judul ‘Alasan Super Junior Pakai Batik Indonesia Pencernaan Inovatif’. Dalam artikel yang diterbitkan pada Rabu (26/05/21), dijelaskan bahwa awal mula diplomasi budaya melalui batik terjalin ketika Ridwan Kamil menerima kunjungan dari Duta Besar Korea Selatan di Gedung Negara Pakuan. Artikel tersebut juga membahas tentang motif batik yang didesain langsung oleh Kang Emil.

suju1.jpg

Dalam batik yang dikenakan Yesung tedapat gambar burung garuda yang melambangkan dasar Negara Indonesia, juga tampak gambar senjata tradisional kujang dan inisial RK yang merupakan kepanjangan dari Ridwan Kamil. Kemudian untuk batik yang dikenakan Leeteuk tampak motif Garuda Kujang Kencana yang memiliki arti wibawa, religius, dan nasionalis. Tampak pula motif Mega Mendung yang menggambarkan kehidupan manusia secara utuh, serta motif kawung yang memiliki makna keadilan dan kesejahteraan.

suju2.jpg

Diberitakan jabarprov.go.id (26/05/21), news.naver.com menuliskan sebagai bentuk tindak lanjut pemberian batik yang merupakan oleh-oleh untuk Dubes Korea, Kim Yong Woon Direktur Korean Cultural Center (KCCI), Kim Hyun Joo General Manager KCCI, serta Keduataan Besar Republik Korea menjembatani ide Kang Emil untuk memperkenalkan batik Indonesia di Korea Selatan dengan menghubungi pihak SM Entertainment yang merupakan perusahaan agensi hiburan terbesar di Korea Selatan yang memayungi K-Pop Stars seperti; Super Junior, Shinee, Girls Generation, Red Velvet, Exo, dan lain-lain.

diplomasi.jpg

Kang Emil berpendapat, diplomasi budaya melalui batik yang dikenakan oleh bintang K-Pop tersebut menandai eratnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. Dan Diplomasi batik merupakan contoh yang baik dalam diplomasi dua negara. “Hubungan diplomasi ini tidak perlu yang bersifat formal dan seremonial (saja). Super Junior sebagai simbol bintang Korea menggunakan Batik yang merupakan simbol budaya unggul Indonesia ini adalah contoh baik untuk hubungan diplomasi," ungkap Kang Emil


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.