Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

Bagi masyarakat DKI Jakarta, Perkambungan Budaya Betawi Setu Babakan memiliki makna khusus. Karena ini merupakan tempat dilestarikannya seluruh aspek budaya Betawi baik yang bersifat fisik hingga non fisik. Bahkan tamu-tamu asing yang datang ke Ibu Kota juga acap kali berkunjung ke sini untuk melihat beragam aspek yang erat dengan budaya asli Jakarta yang ada di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Melihat peran penting eksistensi dari lokasi ini dan hubungannya dengan akar budaya Betawi, tak mengherankan bila Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Nahdlatul Ulama atau Lesbumi-NU memutuskan mengelar rapat kerja nasionalnya serta Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022 di sini.

Kegiatan bertajuk Rapat kerja Nasional V Lesbumi PBNU dan Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022 itu digelar mulai hari ini sampai 3 Desember 2022. Di mana kegiatan yang diadakan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan itu mengambil tema Tauhid Menumbuhkan Kebudayaan, Menyuburkan Pohon Kehidupan dan dihadiri oleh perwakilan Lesbumi se-Indonesia, Pengurus Pusat NU, serta sejumlah tokoh.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 202 2.jpg

Sekadar informasi, Lesbumi-NU merupakan organisasi seni dan budaya di NU yang pada dasarnya berupaya untuk melestarikan kebudayaan Indonesia yang bersifat memiliki nilai tradisi yang luhur dan ini disebut sudah sejalan dengan kaidah di Islam. Kaidah itu berbunyi almuhaafadzatu alal qadiimis shalih wal akhdzu bil jadiidil ashlah yang bermakna melestarikan warisan lama yang baik dan menambahkan hal baru yang lebih baik lagi.

“Di Rakernas ini, kami akan merumuskan berbagai langkah nyata berdasarkan identifikasi persoalan, baik dalam hal keorganisasian maupun kebudayaan secara luas. Selanjutnya, kami dapat membuat solusi dan acuan kerja bersama. Harapannya akan lahir berbagai resolusi terkait beragam masalah yang dihadapi dalam bingkai kebudayaan,” ucap Ketua Umum Lesbumi PBNU M. Jadula Maula, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (1/12/2022).

[Baca Juga: Kampung Betawi Setu Babakan Berhasil Raih Juara 1 CHSE]

Menurut Ketua PWNU Lesbumi DKI Jakarta H. Ahmad Yusuf, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan menjadi lokasi yang tepat untuk kegiatan rakernas serta Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022. Karena memiliki area yang luas sehingga bisa menampung banyak budayawan serta pengamat dan tentu saja citra dari Setu Babakan sendiri yang memang menjadi pusat pelestarian kebudayaan Betawi di Ibu Kota. Tak heran bila dalam kegiatan rakernas nanti akan ditampilkan palang pintu, ketimpring, hingga orkes gambus yang jadi representasi budaya Betawi di kegiatan Lesbumi-NU pada hari ini dan esok itu.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.