Crochet 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Shiloutte Crochet Keluarkan Kalung Rajut Etnic Bernuansa Batik Khas Kota Batu

Cipta karsa masyarakat Indonesia tidak dapat diremehkan oleh perkembangan fashion style di dunia. Berbagai gelaran modeling di berbagai negara Eropa, Amerika, dan Asia, seringkali melibatkan cipta karsa tradisional bangsa Indonesia. Beberapa produk cipta karsa tradisional yang seringkali melawat di gelaran internasional misalnya batik, angklung, gamelan, dan gerabah. Salah satu pegiat cipta karsa yang telah sampai di panggung internasional adalah Shiloutte Crochet dari Kota Batu.

Shiloutte Crochet memulai debut internasionalnya dengan semboyan pemanfaatan barang bekas untuk menciptakan emas. Semboyan tersebut melahirkan produk-produk berkelas dari bahan bekas, misalnya gelang dari tali tambang, aksesoris dari besi bekas, dan hiasan dinding etnik dari kain bekas yang dikolaborasikan dengan bahan lainnya.

Sejatinya, konsep pemanfaatan barang bekas yang dibawa oleh Shiloutte Crochet tidak serta-merta menggunakan 100% bahan yang benar-benar bekas. Hanya bahan-bahan dasarnya saja yang diambil dari barang-barang bekas. Namun demikian, untuk hiasan-hiasan pemercantiknya seperti kelereng, koin China, dan ornamen logam diperoleh dari pemesanan khusus melalui artisan yang bekerja di bidang seni rupa.

Crochet 2.jpg

Dengan memadukan konsep motifbatik yang dibordir atau dirajut pada sebuah kain, Shiloutte Crochet mengeluarkan kalung etnik. Kalung-kalung etnik dari Shiloutte Crochet mengambil makna spiritualisme masyarakat nusantara. Ada motif yang mengindikasikan nuansa spiritual Papua, Makassar, dan tak lupa masyarakat kerajaan di Jawa. Kalung-kalung etnis yang semakin beragam ini lahir setelah kesuksesannya untuk bergeliat di pasar internasional, terutama di Jepang dan di Taiwan.

[Baca Juga: Surganya Barang Bekas Branded dengan Harga Miring]

“Kali ini kalung-kalung etnis Shiloutte Crochet saya padu-padankan dengan batik tulis khas Kota Batu, batik bantengan,” ungkap Desy Pratiwi kepada PingPoint pada 29 April 2021.

“Saya di sini gak bilang soal harga ya! Tapi saya puas beli hampers di sini, love banget,” ungkap Debby, salah satu pelanggan setia Shiloutte Crochet.

Outlet Shiloutte Crochet bisa dikunjungi di Jalan Minsuarso nomor 10, Kota Batu. Pengunjung yang datang bisa mengamati panorama pegunungan yang berhadapan dengan outlet Shiloutte Crochet. Nuansa ini memberikan daya tarik tersendiri untuk meningkatkan suasan etnografisnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.