RK Sholat Ied1.jpg

Berita Kawasan

Sholat Idulfitri di Rumah Dinas, Begini Pesan Gubernur Jawa Barat

Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah merupakan Hari Raya tahun ke-2 sejak pandemi. Perayaan Lebaran 2021 masih sama seperti perayaan tahun sebelumnya, dimana masyarakat diimbau untuk merayakan Lebaran di rumah masing-masing. Mengingat COVID-19 masih belum usai, maka guna mencegah terjadinya lonjakan kasus penularan, Pemerintah masih harus membatasi aktivitas masyarakat selama libur Idulfitri.

RK Sholat Ied2.jpg

Sehubungan dengan hal tersebut, dilansir dalam laman jabarprov.go.id (12/05/21), Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil melaksanakan sholat Idulfitri di rumah dinasnya yang berlokasi di Gedung Pakuan, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung. Pelaksanaan sholat Idulfitri berlangsung hikmad dan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menggunakan masker dan memberi jarak di setiap shafnya merupakan kewajiban dalam penyelanggaraannya. Selain itu, pelaksanaan sholat Idulfitri di Gedung Pakuan juga hanya diikuti oleh keluarga Gubernur dan pegawai Gedung Pakuan.

[Baca Juga: Panitia Salat Idulfitri di Bandung Wajib Laksanakan Simulasi Protokol Kesehatan]

Dalam pidatonya, Ridwan Kamil berpesan, meski masih harus menunda tradisi-tradisi yang biasa dilakukan saat Lebaran, masyarakat diminta untuk dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini dan tetap mengutamakan kesehatan keluarga baik di rumah maupun di kampung halaman. “Ini tahun kedua kita menjalani Idulfitri dalam suasana pandemi. Saya hanya mendoakan semoga semua lulus ujian di Bulan Ramadan yang lebih utama adalah ujian kesabaran,” ungkap Kang Emil dalam laman jabarprov.go.id (12/05/21).

Kang Emil juga berpesan bahwa sabar adalah hal penting yang harus dilakukan di masa pandemi. “Kesabaran adalah hal penting dalam menghadapi kesusahan di masa pandemi. Yaitu kesabaran menghadapi larangan pembatasan mudik, juga pelaksanaan Idulfitri yang mungkin tidak nyaman, tapi itulah esensi ujian dan esensi latihan kesabaran,” tambahnya.

RK Sholat Ied3.jpg

Menurut Kang Emil, tradisi yang biasa dilakukan saat Hari Raya seperti saling mengunjungi keluarga dan bersalam-salaman dapat diubah dengan silaturahmi secara daring, baik melalui pesan singkat maupun video call. Kang Emil menuturkan, jika masyarakat sabar dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dia optimis bahwa kasus lonjakan COVID-19 selama libur Lebaran dapat dicegah. Dia juga berharap dengan ikhtiar bersama-sama dan melakukan vaksinasi COVID-19, pandemi akan segera usai. “Insya Allah doakan lancar pengendalian COVID-19, lancar vaksinasi sehingga 2022 saya berdoa betul agar mudik bisa normal kembali, salat Idulfiftri bisa normal kembali, dan tetap produktif kembali bekerja seperti sediakala setelah lebaran selesai,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, tak lupa juga Kang Emil mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah kepada seluruh masyarakat Jawa Barat. Dan setelah sholat Idulfitri, Kang Emil ditemani Ibu Atalia Praratya melakukan konferensi video silaturahmi virtual bersama para Kepala Daerah. “Dalam kesempatan ini, saya beserta keluarga dan seluruh jajaran Pemda Provinsi mengucapkan selamat Idulfitri 1442 Hijriah untuk masyarakat Jabar dan masyarakat Indonesia, tentulah dalam satu tahun kami ada kekhilafan kata, perbuatan, keputusan atau apapun. Kami adalah manusia yang gudangnya hilap,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.