Si Bakul-1

Bisnis

Si Bakul Jogja, Solusi UMKM Terhindar Jeratan Pinjol Illegal

Pandemi berdampak pada keberlangsungan usaha UMKM. Bahkan banyak diantaranya terpaksa mengakses aplikasi Pinjaman Online ( Pinjol ) Illegal demi keberlangsungan usaha mereka. Padahal, selain bunga tinggi, aplikasi Pinjol Illegal ini juga rentan terhadap pembajakan data pribadi.

Sebagai upaya pembinaan serta peningkatan kualitas usaha yang ada di Yogyakarta, Dinas Koperasi Pemda DIY telah membangun Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha (Si Bakul ) Jogja yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi pengusaha, sehingga mereka tak perlu mengakses aplikasi Pinjol Illegal. Selain prosesnya mudah, Si Bakul Jogja juga memberikan pelatihan bisnis dan manajemen usaha sehingga pengusaha dapat lebih profesional dalam mengembangkan usahanya.

[Baca Juga: Ribuan Aduan Antirentenir Kota Bandung, Lebih dari 50 Persen Pinjol]

Direktur Regional International Council of Small Bussiness ( ICSB ) DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR ) Bendara menjelaskan, SiBakul Jogja merupakan sistem manajemen kegiatan pembinaan Koperasi dan UMKM yang diharapkan secara efektif mampu memandu Koperasi dan UMKM dalam menentukan langkah modernisasi cara pengelolaan dan memajukan lembaga nya, sehingga koperasi dan UMKM betul-betul menjadi tulang punggung roda ekonomi yang tangguh, efektif dan modern. Sistem ini terbuka bagi semua pelaku usaha UMKM, yang berperan untuk meningkatkan kualitas dan pendapatan para pelaku usaha, terutama pelaku usaha kelas menengah dan mikro.

Si Bakul-2

“Siapa saja boleh mendaftar dan cara daftarnya mudah. Kalau ternyata ada kesulitan bisa mengakses Si Bakul Jogja ini melalui Kalurahan masing-masing. “ ujar GKR Bendara dalam Diskusi Daring Creative Talks Ditjen IKP di Yogyakarta, Sabtu pekan lalu.

Ditambahkan GKR Bendara, bagi pelaku usaha yang masih terlalu awam dengan IT, maka pihak Kalutrahan diharapkan dapat difasiltasi oleh pihak Kalurahan. Pemberian fasilitas Si Bakul Jogja ini sekaligus disertai dengan edukasi terhadap segala dampak Pinjaman Online yang belakangan sedang marak dan banyak menimbukan korban.

“Berikan pengertian pada masyarakat. Jika memang harus mengakses lembaga finansial ya ke lembaga keuangan yang resmi dan bukan tawaran-tawaran lewat pesan singkat," tandas Bendara.

GKR Bendara

GKR Bendara

Bendara menyarankan, mulai sekarang ini lembaga Kalurahan mulai memikirkan untuk mempunyai unit usaha mandiri seperti koperasi, bank sampah , budikdamper dll. Selain dapat membantu finansial masyarakat, unit usaha Kalurahan ini juga dapat membantu pembiayaan sosial masyarakat seperti biaya perawatan BPJS dan pendidikan.

Sementara itu, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito mengungkapkan , sampai saat ini OJK telah menemukan ribuan aplikasi Pinjaman Online tak berizin. Namun, sebagian diantaranya sudah berhasil ditindak berkat kerjasama dengan Polri.

“Yang lebih penting, masyarakat yang harus memahami, jangan mengakses Pinjol Illegal. Itu sangat berisiko," ujar Sarjito.

Sarjito menasihatkan, seandainya masyarakat menerima tawaran Pinjaman Online maka hendaknya mematikan terlebih dulu bahwa aplikasi tersebut terdaftar di OJK. Jika ternyata tidak terdaftar di OJK maka semenarik dan semudah apapun tawaran yang diberikan lebih baik dihindari. Sedangkan bagi nasabah yang terlanjur mengakses Pinjol dan menerima perlakuan tidak senonoh, lanjut Sarjito, hendaknya masyarakat tidak ragu untuk melaporkan kepada OJK dan kepolisian.

“Saya pastikan, jika diketahui ada aplikasi Pinjol yang tidak terdaftar apalagi melakukan perlakukan tidak senonoh terhadap nasabah, akan segera kami tutup," tandas Sarjito.


Read More

SiBakul Jogja

Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha

0274) 515622 / +62 822-5254-2228 (WA)
program1.diskopdiy@gmail.com

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.